Sekuriti Perkebunan Sawit Vs Pencuri, Satu Pelaku Keok dan Satu Kabur

oleh -

MEMOSUMSEL Dua paleku pencurian buah kelapa sawit di perkebunan Simpang Krikil Dusun Satu Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Barang Kabupaten OKU, baku hantam dengan sekuriti perkebunan.

Satu pelaku atas nama Andil (27), warga Dusun Dua Desa Bandar Agung Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU, berhasil ditangkap. Sedangkan seorang temannya berhasil kabur dan masih dalam pencarian petugas.

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono melalui Kasi Humas, AKP Syafaruddin menjelaskan, kejadian pada Senin (24/4), sekitar pukul 21.30 WIB. Berawal tim keamanan kebun mempergoki dua pelaku sedang mencuri buah sawit.

Baca Juga :   Dua Tersangka Curanmor Dibekuk Petugas Opsnal Polsek Baturaja Timur

“Mereka berdua, satu memanen dari batang dan satunya lagi memuat ke atas sepeda motor,” katanya, Rabu (26/4).

Kemudian, petugas sekuriti kebun menghubungi rekan-rekannya yang lain untuk mengepung kedua pelaku.

“Setelah terkepung, kedua pelaku melawan dan terjadi perkelahian antara sekuriti dan pelaku. Sehingga hanya satu pelaku yang berhasil diamankan, satunya lagi berhasil melarikan diri,” jelasnya.

Petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 70 tandan buah kelapa sawit dengan berat sekitar 1.550 kilogram, dan 2 unit sepeda motor Yamaha Vega R tanpa plat.

Baca Juga :   Satu Pelaku Pembobolan Toko di Babat Toman Berhasil Ditangkap Polisi

Kini pelaku bersama barang bukti telah diserahkan dan diamankan ke Polsek Lubuk Barang untuk diproses hukum lebih lanjut.
Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Curat).

“Pelaku sudah diamankan dan masih dalam pemeriksaan guna pengembangan lebih lanjut untuk mengungkap pelaku lainnya,” pungkasnya. (RD ZON)

Print Friendly, PDF & Email