Sekda OKU Buka Pelatihan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK)

oleh -

BATURAJA. MS – Badan Kesbangpol Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menggelar pendidikan wawasan kebangsaan (PWK) tahun 2022. Latihan PWK dibuka oleh Pj Bupati OKU diwakili Sekda OKU H Achmad Tarmizi didampingi Kaban Kesbangpol OKU Taufik di Aula Dodiklatpur OKU, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri pemateri dari Kabag Ops Polres OKU, Pasi Ops Kodim 0403 OKU dan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari berbagai unsur antara lain ASN, mahasiswa, pramuka, ormas, dan organisaai kepemudaan di Kabupaten OKU.

Dalam sambutannya Sekda OKU H Achmad Tarmizi mengatakan, dirinya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan PWK di Kabupaten OKU. Sekda pun, mengajak para peserta untuk mengamalkan seluruh substansi dari pelatihan PWK yang diikuti tersebut.

Baca Juga :   Kemenag OKU Gelar Rapat Penentuan Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah 1444 H/2023

Sementara Kaban Kesbangpol Taufik melalui Kabid Idiologi dan Wwasan Kebangsaan Halim Burni mengatakan, tujuan dilaksanakannya PPWK adalah untuk pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan pada nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari berbagai unsur seperti ASN, mahasiswa, pelajar, pramuka, ormas dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten OKU,” jelasnya.

Salah satu pemateri Kabag Ops Polres OKU Polda Sumsel Kompol Liswan Nurhapis, dalam materinya menyampaikan beberapa hal agar peserta pelatihan dapat Menanamkan pemahaman sejak dini bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dipertentangkan, namun harus menjadi kekuatan yang saling melengkapi.

Baca Juga :   Kades Kungkilan Bersama Warga Lakukan Inisiatif Membuat Jalan Penghubung Darurat

Selain itu peserta pelatihan dilatih untuk membangun kesadaran dan Memberikan arahan, contoh serta tauladan dalam kehidupan yang penuh dengan keharmonisan dan toleransi.

Ditegaskan oleh Kabag Ops Polres, tujuan diadakannya pendidikan PWK atau pelatihan Bela Negara ini untuk melatih peserta supaya bisa Mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Indonesia, Melestarikan budaya, Menjalankan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan juga Negara serta Menjaga identitas dan integritas Bangsa dan Negara.

“Tanggung jawab membela Negara adalah kewajiban seluruh warga Negara, Lestarikan kebudayaan Indonesia, hormati jasa para Pahlawan dan Tiada hari tanpa bela negara,” tegasnya. (RD/MJ)

Print Friendly, PDF & Email