Sampah Menumpuk di Saluran Siring, DLH OKU Sebut 4 Kali Dalam Setahun Selalu Bersihkan

oleh -

BATURAJA. MS  – Tumpukan sampah terlihat menumpuk di selokan siring di Jalan Mayor Iskandar Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).  Diduga tumpukan sampah rumah tangga ini sengaja dibuang oleh oknum masyarakat.

Dari pantauan di lapangan, tumpukan sampah yang menggenangi aliran air dalam siring tersebut, juga terlihat  menyumbat drainase siring yang terletak tak jauh dari Kantor Pertanahan dan Kantor Dispora OKU tersebut.

Terkat banyaknya tumpukan sampah di saluran siring di lokasi tersebut, Kepala DLH OKU melalui Kabid Persampahan, Brigman menjelaskan bahwa terkait pembersihan drainase (siring) bukan menjadi kewenangan pihaknya.

“Sebetulnya ini bukan tugas kami (cuci siring).  Tidak tahu juga kami dinas mana, tapi setahu kami dinas PU, itu masuk dalam kegiatan cuci siring,” kata Brigman, dikonfirmasi di ruangannya, Kamis (27/01/2022).

Baca Juga :   Diduga Hutan Kawasan Dikapling dan Diperjualbelikan

Meski bukan kewenangan atau tugas pihaknya untuk membersihkan siring, namun sambung Brigman pihaknya selalu rutin minimal 4 kali dalam setahun membersihkan tumpukan sampah di lokasi tersebut. Serta beberapa lokasi drainase lainnya yang ada di Kota  Baturaja. Seperti siring di Jalan Imam Bonjol dan siring Jalan Simpang masuk ke  PT Semen  Baturaja.

“Dalam setahun minimal 4 kali kami bersihkan. Teknisnya kami juga kadang berkordinasi dengan pihak kecamatan,” tegasnya.

Kasi Persampahan, Brigman juga menambahkan tumpukan sampah yang ada di saluran siring tersebut juga sudah menjadi tambahan “agenda” pekerjaan pihaknya setiap tahunnya. Namun pihaknya tetap berharap tingkat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah ke bak sampa semakin membaik. Terutama bagi oknum maayarakat yang masih enggan membuang sampah miliknya ke bak penampungan sampah.

Baca Juga :   Muhammad Wiwin SHi Nahkodai PWI OKU Periode 2021-2024

Sementara, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) OKU, melalui Sekretaris Perkim, H Hasan HD saat dikonfirmasi soal adanya tumpukan sampah di dalam siring mengatakan, jika kegiatan cuci siring juga bukan keweangan pihaknya.

“Untuk kegiatan cuci siring bukan kami yang melaksanakannya. Kami juga tidak tahu apakah ada di DLH OKU atau PUPR,” singkatnya.

Terpisah, Dinas PU Penataan Ruang (PUPR) OKU, saat hendak dikonfirmasi mengenai kegiatan cuci siring  belum dapat ditemui pejabat yang berkompeten mengenai soal cuci siring tersebut. *RD/MJ

Print Friendly, PDF & Email