Peringatan HUT PGRI Dan HGN, Ketua PGRI: Paradigma Belajar Jangan Tunggu Perubahan

oleh -

BATURAJA. MemoSumsel -Peringatan HUT Ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) digelar di Gedung Kesenian Baturaja, dengan mengangkat tema “Peran strategis guru dalam mewujudkan Indonesia unggul” pada Senin (25/11/2019).

Kepala Dinas Pendidikan Kab OKU H. Teddy Meiwansyah, S.STP, M.M. mengatakan,
Acara diikuti sekitar 4500 guru se Kabupaten OKU ini bertujuan dari peringatan hari guru nasional ini antara lain, meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dalam memajukan dunia pendidikan, membangun pendidikan berkarakter.

Hadir pada acara ini, Ketua DPRD, Kajari OKU, Wakapolres OKU, Kodim 0403 OKU, Sekda OKU, OPD, Kabag, Camat, TP. PKK, DWP, Persit dan Bhayangkari, para guru dan undangan lainnya.

Pada peringatan hari guru nasional tingkat Kab OKU telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya pertandingan bola voli, tenis, dan anjangsana ke panti asuhan, dan lomba Drumband.

Baca Juga :   Kapolres OKU Ungkap Kasus Pembunuhan Mayat Pelajar di Desa Banuayu

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis membacakan sambutan menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim mengatakan biasanya tradisi hari guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik, tetapi pidato saya akan sedikit berbeda.

“Dengan hati yang tulus, kepada guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke tugas guru adalah yang termulia sekaligus tersulit.” Tutur Kuryana dalam sambutannya.

Tugas guru, lanjutnya. adalah untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan. Potensi anak didik tidak dapat diukur dari hasil ujian.

Sementara itu, Ketua PGRI Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE., MT., MSi., MH mengatakan Perubahan dalam paradigma belajar jangan menunggu perubahan, lakukan langkah-langkah kajian sebagai berikut.

Baca Juga :   Ketok Palu DPRD, APBD OKU 2019 Disepakati 1.5T

“Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar, murid harus bisa mengajar di kelas, melaksanakan kegiatan dibidang sosial untuk seluruh kelas, tumbuhkan percaya diri kepada anak didik, bantu guru yang sedang mengalami kesulitan.” Imbuhnya.

Pada bagian akhir, Bupati mengucapkan selamat hari guru nasional tahun 2019 sebagai langkah perubahan besar untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Kab OKU.

Pada kesempatan ini, Bupati memberikan tali asih kepada guru yang sudah memasuki purna bhakti dan penghargaan guru yang berprestasi.

Selamat hari guru “Merdeka belajar, guru penggerak”. Ujarnya bersemangat. *Red/JM

Print Friendly, PDF & Email