Pemerintah Desa Laya Optimalkan dan Wujudkan Pembangunan Insfrastruktur Desa

oleh -

BATURAJA. MS -Pemerintahan Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), terus mengoptimalisasikan bantuan pemerintah pusat Dana Desa (DD) tahun 2019. Baik berbentuk program pembangunan infrastruktur desa maupun pemberdayaan masyarakat.

Pengecekan jalan setapak yang melibatkan Tiga Pilar

Kepala Desa (Kades) Laya, Samsul Hazairin saat dibincangi MemoSumsel.Com mengatakan, beberapa pembangunan infrastruktur yang dibangun menggunakan DD tahun 2019 antara lain, pembangunan jalan setapak penghubung antar dusun, pembangunan jalan setapak/tangga pemandian di dua lokasi pemandian. Yakni didusun 1 dan dusun 2. “Alhamdulillah pengerjaan fisik sudah selesai dilaksanakan pada pencairan DD tahap 1 dan 2,” kata Kades Samsul.

Pembangunan Jalan Setapak Didusun III

Selanjutnya ujar Samsul, pada pencairan DD tahap 3 nanti, pihaknya akan membangun talud penahan logsor setinggi enam meter. Yang akan dibangun di lokasi dusun dua. Selain pembangunan infrastruktut, pihaknya pun memanfaatkan DD 2019 untuk kegiatan pembrdayaan masyarakat. Seperti pelatihan pemberdayaan ibu desa untuk tata rias pengantin. Pelatihan perangkat desa penyuluhan korupsi dan pungli yang dilaksanakan bekerjasama dengan narasumber dari Polres OKU dan Kejaksaan Negeri Baturaja. Pelatihan kader Posyandu dan Balita. Serta beberapa kegiatan pemberdayaan lainnya.

Baca Juga :   Tim Prabowo – Sandi OKU Siap Memenangkan Pilpres 2019
Pembangunan Tangga Mandi Untuk Warga Di Dusun I TA 2019

Menurut Samsul, selain melibatkan semua perangkat desa, BPD dan unsur masyarakat dalam penggunaa DD. Pihaknya selaku aparatur desa, sangat menjunjung keterbukaan dan transparansi dalam penggunaan DD. Karena menurutnya, keterbukaan Informasi Desa dillaksanakan sesuai dengan Undang Undang Desa (UU Des) pasal 24, 26, 27 dan 68 tentang keterbukaan informasi desa. Prinsip Keterbukaan Informasi Desa ini pun dilaksanaka sesuai dengan arahan dan petunjuk pemerintah kabupaten OKU melalui pemerintah Kecamatan Baturaja Barat yang saat ini dipimpin oleh Camat Baturaja Barat, Heryamin SP, SAg, MSi.

Baca Juga :   Maknai HUT RI, Pj Bupati Apriyadi Beri Tali Asih Veteran dan Istri
Pengecekan pembangunan jalan setapak TA 2019

“Kita sangat terbuka kepada masyarakat tentang penggunaan anggaran keuangan. Karena prinsipnya pemerintah desa hadir lebih dekat melayani masyarakat guna terbangunnya tata kelola pemerintah desa yang baik dan bersih, untuk mewujudkan kehidupan masyarak desa yang makmur, sejahtera, dan bermartabat,” pungkas Kades. *ADV JM/SN

Print Friendly, PDF & Email