Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Membuka Latihan Bersama Super Garuda Shield Tahun 2022

oleh -

MARTAPURA. MS – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuka latihan bersama Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022 di Pusat Latihan Tempur di Martapura, Sumatera Selatan, Rabu, 3 Agustus 2022.

Saat membuka kegiatan, Jenderal Andika didampingi Commanding General United States Army Pacific Command (USQPARC) Jenderal Charles A Flyn. Pembukaan latihan ditandai dengan penyematan baret tanda peserta kepada perwakilan prajurit.

Latihan gabungan bersama Super Garuda Shield Tahun 2022 dilaksanakan pada 1-14 Agustus 2022 pada tiga lokasi berbeda, yakni Pusat Latihan Tempur di Martapura, Pusat Latihan Tempur Marinir di Dabo Singkep, dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang.

Baca Juga :   Letkol ARH Tan Kurniawan Jabat Dandim 0403 OKU

Sebanyak 13 negara berpartisipasi dalam latihan bersama itu, termasuk Indonesia. Negara yang terlibat yakni Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris. Dengan total 5.069 personil militer ikut serta dalam Latma Super Garuda Shield 2022.

Panglima TNI Jenderal Andika mengatakan, latihan tahun ini pesertanya melibatkan 13 negara berbeda dengan latihan sebelumnya yang hanya melibatkan dua negara.

Baca Juga :   Kasad Terima Laporan Korps Perwira Tinggi TNI AD di Mabesad

“Untuk negara yang ikut serta diantaranya Indonesia sebagai tuan rumah, kemudian Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang, Singapura, Prancis, Inggris, Papua Nugini, Timor Leste, India, Kanada dan Korea Selatan. Dengan total 5.069 personil militer ikut serta dalam Latma Super Garuda Shield 2022.” Jelas Jenderal Andika

Garuda Shield merupakan latihan bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) yang dirancang untuk memperkuat interopabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerjasama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade. *RD/JM

Print Friendly, PDF & Email