PANGDAM II/SWJ HADIRI ACARA PENYERAHAN BANTUAN ALKES DARI GUBERNUR SUMSEL UNTUK RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGANAN COVID-19

oleh -468 views

PALEMBANG. MS – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menghadiri acara penyerahan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) berupa alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test serta Disinfektan dari Pemerintah Provinsi Sumsel yang akan digunakan untuk penanganan Virus Corona (Covid-19) di Wilayah Prov. Sumsel.

Bantuan Alkes dari Kementerian Dalam Negeri tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru kepada perwakilan Rumah Sakit yang ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan penanganan Covid-19, Jum’at (27/3/2020) bertempat di Posko Covid-19 Halaman Kantor Gubernur Prov. Sumsel Jl. Kapten A. Rivai No. 03 Kel. Sungai Pangeran Kec. Ilir Timur 1 Kota Palembang.

Bantuan yang diberikan berupa Alat Kesehatan (Alkes) seperti, Alat Pelindung Diri (APD) diserahkan kepada Rumah Sakit Rujukan, antara lain ; RSUD Dr. Moch. Husein, Palembang, RS Dr. Rivai Abdullah, RSUD Siti Fatimah, RSUD Kayu Agung dan RSUD Lahat. Kemudian untuk Rapid Test diserahkan kepada Kadiskes Kab/Kota Se-Sumsel. Selanjutnya cairan Desinfektan diserahkan kepada Kodam II/Swj, Polda Sumsel dan BPBD Prov. Sumsel, sedangkan Vitamin diserahkan untuk masyarakat.

Baca Juga :   Lengkapi Perjalanan Study Banding, PWI Muba Datangi PWI Pusat

Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, sejak status sumsel dinaikan menjadi tanggap darurat maka tim gugus tugas langsung berupaya melakukan aksi-aksi dalam menangani Covid-19, aksi yang pertama yaitu perhatian khusus kepada tenaga medis yang rentan terhadap Covid-19 yaitu dengan memberikan insentip sesuai dengan intrusksi presiden.

“Saya hari ini juga memanggil perwakilan Bank BI dan OJK untuk mengantisipasi Sosial Ekonomi di Sumsel dalam mengantisipasi Dampak Covid-19 dan untuk mengantisipasi hal tersebut OJK telah mengeluatkan PU OJK No. 11 Tahun 2020”, ujarnya

Deru juga menyampaikan bahwa, Stimulus seperti APD dan Rafid Test yang ada sekarang yang akan disalurkan kepada RS Rujukan dan Intansi terkait sesuai dengan skala prioritas.

“Saya dan Forkopinda menyiapkan Wisma Atlet untuk ODP Center untuk pasien/orang yang ada gejala Covid-19 untuk dilaksanakan pemeriksaan awal sebelum di rujuk ke Rumah Sakit rujukan di Kota Palembang Prov. Sumsel”,

Deru mengaku, pihaknya berupayah menyiapkan Wisma Atlet untuk PDP namun akan dilihat terlebih dahulu dan disiapkan alat peralatan yang mendukung untuk merawat Pasien Covid-19.

Baca Juga :   Untuk ke 5 Kalinya, Pemkab OKU kembali Raih WTP

Acara penyerahan Alkes tersebut dihadiri juga oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., Ketua DPRD Prov. Sumsel Hj. RA. Anita Noeringhati, SH, M.H., Kajati Sumsel Dr. Wisnu Baroto, SH, M.Hum., Kepala Pengadilan Tinggi Prov. Sumsel Dr. H. Soedarmadji, SH, M.Hum., Sekda Prov. Sumsel Nasrun Umar, SH.M.M., Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumsel Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes., Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Maycel Asmi, psc., S.E., dan Kakesdam II/Swj Kolonel Ckm dr. Asep Usmanto Sukarsa, Sp. B._

Usai acara penyerahan, Gubernur bersama Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel beserta unsur Forkopinda Prov. Sumsel lainnya meninjau Posko Sumatera Selatan Tanggap Covid-19. Selanjutnya rombongan juga berangkat menuju Ke Jakabaring untuk mengecek kesiapan Wisma Atlet Jakabaring yang dijadikan sebagai tempat ODP dan PDP Covid-19. *JM/RiLL

Print Friendly, PDF & Email