Menjelang Akhir Perkuliahan, Sebanyak 276 Mahasiswa Unbara Ikuti KKN

oleh -

BATURAJA. MS- Universitas Baturaja (Unbara) melepas mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XXIV Tahun 2020 di Kampus Unbara baru-baru ini.

KKN adalah bagian dari rangkaian kegiatan akademis yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa menjelang akhir perkuliahan.

Ketua LPPM Unbara Dr Fifian Permatasari mengatakan KKN Ke XXIV Unbara tahun 2020 ini, LPPM Unbara meningkatkan perannya berupa pengabdian terhadap masyarakat desa dengan menjalin kerjasama bersama desa binaan.

“Pada kesempatan ini ada empat desa yang akan menjadi desa binaan yakni Desa Batumarta I, Desa Batu Winangun, Desa Batu Raden, dan Desa Lekis Rejo, di Kecamatan Lubuk Raja,” katanya.
Rektor Unbara Ir Lindawati mengatakan pelaksanaan KKN angkatan XXIV digelar mulai 5 Februari sampai 7 Maret 2020, dengan peserta sebanyak 276 orang mahasiswa.

Baca Juga :   Desa Pengaringan Berdayakan Pasar Kalangan Untuk Peningkatan Perekonomian Warga

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk meningkatkan kesadaran diri terhadap realitas kehidupan bermasyarakat, meningkatkan tanggung jawab pribadi dan sosial terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, dan meningkatkan kesadaran diri terhadap persoalan sosial dan perannya selaku akademisi yang berlangsung di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati OKU diwakili Sekda Dr Drs Ir Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH mengatakan, KKN merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang dapat menjangkau tiga sasaran utama, yaitu KKN sebagai wahana pembelajaran untuk mengaplikasikan teori sesuai disiplin ilmu masing-masing. KKN dapat memberikan nilai tambah meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Baca Juga :   Komisi III DPRD Muba Gear Rapat Bersama Mitra Kerja Tentang Perencanaan Program TA 2020

“KKN merupakan media untuk membangun citra sebagai ajang promosi bagi perguruan tinggi tersebut. Momentum KKN dapat dijadikan peluang untuk ikut mendorong partisipasi masyarakat untuk pembangunan daerah,” kata Tarmizi.

Tarmizi menambahkan melalui KKN kiranya mahasiswa dapat memberikan masukan pemikiran yang cerdas kepada pemerintahan desa dalam pengelolaan administrasi dan pelayanan publik serta pembangunan desa.
Pada kesempatan itu dilakukan secara simbolis pemakaian jaket almamater kepada Sekda OKU dan Camat Lubuk Raja, diikuti seluruh peserta KKN dan dilanjutkan penandatangan berita acara KKN. (MS- JM) 

Print Friendly, PDF & Email