Lulus Seleksi Taruna Akmil 2019 Putra Bungsu Sekda OKU Buat Harum Nama Kabupaten OKU

oleh -

BATURAJA, MS -Ibarat kata pepatah “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Pepatah bijaksana ini pula yang terjadi dengan Mohammad Riezqy Cahya Atazsu.

Betapa tidak, pemuda kelahiran Baturaja, 17 Oktober 2000 silam. Putra bungsu dari Sekda OKU, Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH dengan Hj. Susmadiana, SPd, SMn, MSi. Sangat membuat bangga kedua orangtua bahkan nama daerah Kabupaten OKU yang berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang. Karena berhasil lulus menjadi salah satu Taruna Akademi Militer (Akmil) 2019. Bahkan
Riezqy, begitu ia biasa dipanggil teman-temannya sewaktu bersekolah di SMA Negeri 4 OKU. Tercatat satu-satunya
calon taruna dari daerah Bumi Sebimbing Sekundang. Yang berhasil lolos seleksi Palembang. Dan berhasil
menyingkirkan ribuan pesaing lainnya untuk dapat diterima menjadi Taruna dan Taruni Akademi Militer di Magelang 2019.

Keberhasilan, Riezqy yang merupakan alumni 2018 SMUN 4 OKU jurusan IPA ini diterima dan lolos seleksi taruna Akmil Magelang memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses dan perjuangan yang harus dilaluinya. Setelah menamatkan sekolahnya Riezqy berkeinginan langsung mendaftar ke Akademi Militer Magelang. Namun usianya pada waktu itu belum memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada AKMIL. Lantas atas saran orang tuanya. Riezqy pun memilih untuk melanjutkan kuliah. Bahkan dua perguruan tinggi berhasil diraih sekaligus. Yakni Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Fakultas Hukum Universitas Terbuka (UT). Saat ini Riezqy masih terdaftar sebagai mahasiswa di Fakultas Teknik Jurisan Teknik Mesin UNSRI semester tiga. DanFakultas Hukum pada Universitas Terbuka (UT) semester 3.

Baca Juga :   Petugas Rutan Baturaja Wakili OKU di Kejuaraan Tenis Meja Sumek Open 2018

Namun meski telah menjalani masa perkuliahan sebagai mahasiswa didua perguruan tinggi favorit.
Sembari menunggu dibukanya pendaftaran calon taruna Akmil. Putra bungsu dari tiga bersaudara ini tidak surut untuk mengejar cita-cita impiannya menjadi taruna Akmil. Riezqy pun terus mengasah minat dan bakat kemampuannya untuk menunjang skillnya meraih cita-cita dan impiannya menjadi taruna Akmil. Setiap hari sembari menjalani aktifitas kampus, Riezqy selalu rajin berolahraga dan uji kemampuan fisik. Mulai dari lari, Pull Up, Sit Up, Push Up, Renang dan lainnya. Tak ketinggalan Riezqy pun dibekali serta mengasah kemampuannya dibidang psikotes. Hingga pada akhirnya apa yang dilakukannya menjadi buah manis. Dimana Riezqy pun akhirnya berhasil lolos seleksi dan diterima menjadi salah satu taruna Akmil Magelang 2019.

Bagi keluarga Riezqy, khususnya sang Ayah, H Achmad Tarmizi yang saat ini menjabat Sekda OKU. Diterimanya Riezqy mengikuti pendidikan militer di AKMIL Magelang adalah suatu karunia yang sangat luar biasa diberikan Allah SWT kepada mereka. “Alhamdulillah saat test pertama kali di AKMIL. Anak saya Riezqy mendapatkan nilai 100 persen. Tentunya kami sangat bersyukur. Semua itu tidak terlepas dari usaha Riezqy yang terus melakukan berbagai upaya untuk belajar. Dia rajin membekali dirinya dalam setahun ini. Termasuk dengan mengikuti latihan Fisik dan Psikotes. Hal yang lebih membanggakan, dia rajin beribadah dan berdoa,” tutur Sekda OKU dengan raut wajah sumringah bercampur haru dan bangga.

Baca Juga :   Mapolsektor KPR Segera Dibangun

Perjuangan panjang Riezqy untuk lolos menjadi salah satu Taruna Akmil Magelang 2019 memang cukup panjang. Dimana setelah lolos mengikuti berbagai seleksi. Mulai dari seleksi Pantukhir Daerah (Panda) tingkat Sumatera Selatan, Panda tingkat Sumbagsel di Kodam II/Sriwijaya Palembang, hingga Panda di tingkat Pusat di Jawa Tengah.
Berbagai tes dan uji kemapuan harus dilalui, Riezqy bersama para calon taruna/taruni lainnya. Diantaranya meliputi pemeriksaan administrasi, test kesehatan, kesemaptaan jasmani, mental ideologi, psikologi dan tes kesehatan kedua. Setelah diterima, selanjutnya Riezqy akan mengikuti pendidikan dasar selama 4 tahun bersama ratusan taruna/taruni lainnya yang lolos seleksi di Akademi Militer Magelang.

Seperti diketahui, Akademi Militer (Akmil) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat di Kota Magelang, Jawa Tengah. Akmil mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Pendidikan Akmil ditempuh dalam 4 tahun. Tamatan Taruna/Taruni Akmil berhak menyandang pangkat Letnan Dua TNI AD.

  • Biodata:
    Nama: Mohammad Riezqy Cahya Atazsu
    TTL : Baturaja, 17 Oktober 2000
    Aumni SMUN 4 OKU Jurusan IPA
    Orang tua:
    Ayah: Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH
    Ibu : Hj Susmadiana, SPd, SMn, MSi.
    Saudara 2 orang:
    1. Yonissa Qamilla Intan Atazsu, ST, MSi 2. dr. Mohammad Riedho Cahya Atazsu, SH. *JUM
Print Friendly, PDF & Email