Luas Lahan Sawah OKUT Mampu Capai Target Tanam Padi

oleh -

MARTAPURA, memosumsel.com – Target pencapaian luas tanam padi di wilayah OKU Timur mampu terlaksana. Hal itu di sampaikan oleh Kementerian Pertanian
saat menghadiri tanam perdana Indeks Pertanaman (IP) 300 padi di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Jumat, (24/8/2018).

Dia menilai Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan mampu mencapai target Luas Tambah Tanam padi di wilayah itu. Target pemerintah tahun ini terutama masuk pada bulan Agustus 2018 yaitu seluas 11 ribu hektare.

“Saya yakin Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur tidak akan sulit untuk mencapai 11 ribu hektare (ha) target Luas Tambah Tanam (LTT) padi,”ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Momon Rusmono.

Menurutnya, OKU Timur memiliki lahan sawah padi yaitu seluas 81 ribu ha serta didukung sumber air yang memadai dengan adanya jaringan irigasi. Selain itu juga sudah didukung bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari pemerintah seperti traktor roda dua dan empat sehingga petani tidak kesulitan melakukan proses tanam padi.

Baca Juga :   Bupati Enos Pimpin Upacara Kemerdekaan, Kemudian Ikuti Upacara Secara Virtual dari Istana Negara

Ditambahkan, pihak terkait di wilayah itu segera melapor ke provinsi jika terdapat masalah kekurangan benih karena masih tersedia sekitar 100 ribu ha benih padi bantuan dari pemerintah  untuk ditanam.

“Saya sangat berharap banyak kepada petani di OKU Timur ini agar dapat mencapai target LTT nasional untuk Sumsel agar menjadi daerah lumbung pangan nasional,” harapnya.

Sementara Direktur Aneka Kacang dan Umbi Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Ali Jamil menambahkan realisasi LTT Kabupaten OKU Timur sudah mendekati 16 ribu ha dari target 11 ribu ha.

Baca Juga :   Puncak Latihan Tinjau Super Garuda Shield 2022, Panglima TNI Andika Perkasa : Libatkan 1.536 Personil

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian OKU Timur tercatat hingga hari ini hampir 16 ribu ha sawah di wilayah setempat sudah ditanami padi dari luasan lahan yang masih tersedia yaitu seluas 50 ribu ha.

“Provinsi Sumsel pada tahun ini mendapat alokasi target LTT yaitu 109.531 ha dari target skala nasional seluas 1,2 juta ha,”katanya.

Namun kata dia, laporan yang diterima pihaknya hingga saat ini baru tercapai 30.632 ha dengan presentase 27,9 persen atau masih kurang sekitar 78 ribu ha dari target.

“Kita berharap OKU Timur  menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Sumsel yang membantu negara ini untuk mengejar target Swasembada pangan,” tukasnya.(*/jum)

Print Friendly, PDF & Email