Kuasa Hukum 3 Cakades Sugiwaras Pertanyakan Tindak lanjut Laporan dan Aduan Kepada DPMD Muba

oleh -

Muba Sumsel Memo Sumsel.com – Kuasa hukum resmi dari 3 orang calon kepala desa (Cakades) Sugiwaras, kecamatan Babat Toman, Kabupaten Muba, Indrafikri & Partners, hari ini 01 Desember 2021, menanyakan tindak lanjut atas laporan dan aduan mereka kepada Dinas PMD Kabupaten Muba, selaku Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tingkat Kabupaten.

Menanggapi hai ini, Kepala Dinas PMD Muba Richard Cahyadi, SSTP MSi, kepada Indrafikri menngatakan bahwa pihaknya sedang menangani sengketa Pilkades di Dawas dan Sekayu.

Menerima jawaban ini, Indrafikri merasa agak kecewa, karena laporan dan aduan sudah disampaikannya seminggu yang lalu namun belum ada pemanggilan pihak-pihak terkait, sementara menurut informasi yang dia peroleh pelantikan kepala desa serentak akan dilaksanakan Senin, 13 Desember ’21.

Baca Juga :   Ketua YPSS Melantik Ir. Hj. Lindawati MZ., M.T Sebagai Rektor Unbara

“Kami khawatir ini akan jadi polemik dan keresahan masyarakat bahkan tidak menutup kemungkinan, kami akan menyikapinya secara serius. Sanggahan kami tersebut cukup beralasan, karena didasari :

1. Ada saksi-saksi fakta

2. Ada barang bukti berupa uang.

3. Ada perbuatan melawan hukum dan undang-undang.

4. Ada yang melakukan secara terencana dan sengaja, dengan maksud dan tujuan tertentu.

Oleh karena itu cukup beralasan bagi kami melakukan sanggahan tersebut, dan lagi pula dari aspek hukum pun sudah cukup untuk dilakukan tindakan hukum selanjutnya secara pidana,” ungkapnya kepada awak media ini via telepon, 01 Desember ’21 malam hari.

Untuk diketahui, pada hari Kamis malam, 25 November ’21 lalu Indrafikri SH dan rekan, mendatangi kantor Dinas PMD Muba, untuk menyampaikan laporan dan aduan secara resmi, kepada Dinas PMD. Pada waktu itu diterima langsung di ruang rapat oleh kepala Dinas PMD Richard Cahyadi, SSTP MSi beserta jajaran. Richard mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil para pihak terkait, yaitu para panitia, para Cakades serta saksi langsung diduga penerima politik uang (uang suap).

Baca Juga :   Hari Pertama Kerja, Plh Bupati OKU Silahturahmi dengan Jajaran Pemerintah Daerah

“Kami minta rekan-rekan media massa, bantu kami kawal terus laporan dan aduan kami ini sampai tuntas, agar tercipta clean and good government, sebab tujuan Pilkades adalah untuk melahirkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” pungkas Indafikri. (Riil/Tim)

Print Friendly, PDF & Email