Kota Baturaja Mulai Dipenuhi Kabut Asap

oleh -288 views

BATURAJA. MS -Dalam beberapa hari terakhir, kondisi udara di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terlihat kabut asap. Diduga kabut asap ini merupakan asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi saat ini.

Pantauan di lapangan, meskipun tak terlalu tebal namun Kondisi ini cukup dikeluhkan masyarakat setempat karena menggangu pernafasan. “Iya sekarang banyak asap. Apalagi bila menjelang Magrib terasa mata jadi perih,” ujar kang Rustam (38), warga Kelurahan Saung Naga, saat dibincangi Minggu sore (10/11).

Baca Juga :   Kodim 0403 OKU Ajak Masyarakat Doa Bersama Atas Musibah Gempa di Indonesia

Terpisah, menanggapi kabut asap ini, aktifis lingkungan di OKU Yunizir Djakfar menghimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai kabut asap ini. Kondisi asap saat ini cukup pekat sehingga bisa berpengaruh pada kualitas udara di OKU.

Dirinya berharap, pihak-pihak terkait dapat mengambil langkah kongkrit. “Tugas mengatasi kabut asap ini bukan hanya tugas pemerintah namun merupakan tugas semua element. Ayo bantu pemerintah, kepolisian untuk mendapatkan informasi bagi pelaku pembakaran lahan. Kalau bukan kita peduli siapa lagi. Satu kata lawan segala bentuk perusakan lingkungan di Bumi Sebimbing Sekundang,” tukasnya. *JM/SN

Print Friendly, PDF & Email