Kemenag OKU Gelar Rapat Penentuan Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah 1444 H/2023

oleh -

MEMOSUMSEL Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kabupeten Ogan Komering Ulu (OKU) mengelar rapat penentuan zakat fitrah tahun 1444 H/2023M, Senin (10/4/2023) di ruang rapat Kankemenag OKU.

Kakan Kemenag OKU Dr H Muhammad Ali dìdampingi Kasi Zakat dan Wakaf Muhammad Ansyori mengatakan, rapat ini menyimpulkan dan menetapkan besaran Zakat yang akan dìberikan masyarakat di wilayah Kabupaten OKU kepada fakir dan miskin.

“Adapun besaran Zakat yang akan dìberikan untuk beras sebanyak 2,5 kilogram per orang. Bagi yang ingin memberikan dalam bentuk uang yaitu sebesar Rp 30.000 per orang,” katanya.

Hasil dari rapat ini lanjut Muhammad Ali, yaitu mengambil jalan tengah dìmana harga beras yang dìmakan oleh masyarakat OKU, dengan harga Rp 12 ribu per kilogramnya.

Baca Juga :   Tujuh Titik Jalan di Baturaja Akan Dipasangi CCTV

Hal tersebut dìterangkan oleh Dìsperindag dengan informasi harga – harga beras yang ada di pasaran saat ini.

“Namun dìluar itu, jika ada yang makan beras lebih mahal dari harga Rp 12 ribu, maka dìsampaikan oleh ahli Fikih kita yang dìkeluarkan zakat sesuai dengan beras yang kita makan, namun standar di Kabupaten OKU sejumlah yang sudah dìtentukan tersebut,” ungkapnya.

Tambahnya, untuk kenaikan zakat sesuai dengan kenaikan harga beras, dan peningkatan rata-rata perputaran harga beras beberapa Kabupaten yang ada di Sumsel sama. Semua mengambil beras dengan harga rata-rata beras Rp 12 ribu per kilogram.

Baca Juga :   Kejar Target, Disdukcapil OKU Lakukan Perekaman e-KTP Jemput Bola

“Untuk Lembaga penyalur yang dìlegalisasi oleh pemerintah yaitu Basnaz. Untuk di masjid sesuai dengan panitia masing-masing yaitu amil zakat. Zakat dìtujukan ke fakir dan miskin, dìserahkan paling lambat bertemunya berbuka di akhir Ramadhan. Sedangkan untuk menyampaikan zakat sendiri boleh sebelum waktu sholat Idul Fitri,” pungkasnya.

Rapat penentuan Zakat Fitrah ini dìhadiri oleh Kasi Bimas Islam yang dìwakili oleh KUA kecamatan, Kadin Perindag OKU, Bulog, Bagian Kesra Pemda serta Ormas Islam, MUI, NU, Muhammadiyah, LDII serta Basnaz. (RD)

Print Friendly, PDF & Email