Keberangkatan Haji Kamenag OKU Tunggu Keputusan Arab Saudi

oleh -

Kamenag OKU Drs H Ishak Putih MSi

BATURAJA. MS  – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan masih menunggu kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi dari Pemerintah Arab Saudi.

Kamenag OKU Drs H Ishak Putih MSi melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Abdul Muis SAg mengatakan, selagi menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi, pihaknya Kamenag OKU terus melakukan pembinaan para calon jemaah haji (CJH) OKU yang dilkukan secara Daring ataul Online. Serta memberikan informasi seputar perkembangan Ibadah Haji kepada para CJH.

Baca Juga :   Unsur Pimpinan DPRD OKU Periode 2019-2024 Dilantik Dan Disumpah

“Kepastian tentang ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada Tahun 1443H/2022 Masehi sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Arab Saudi, kita masih menunggu,” kata Abdul Muis, dibincangi Memo Sumsel di ruangan kerjanya, Senin (24/02/2022).

Menurut Abdul Muis, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama RI  telah melakukan rangkaian koordinasi dengan otoritas Pemerintah Arab Saudi terkait untuk memperoleh kepastian soal penyelenggaraan haji. Namun untuk kepastian pemberangkatan haji pada 2022 ini, pihaknya masih menunggu petunjuk kementerian Agama Provinsi Sumsel dan Kementerian Agama RI.

Menurut Abdul Muis, jika tahun 2022 Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah membuka atau menerima pelaksanaan badah haji bagi negara luar termasuk Indonesia. Maka untuk CJH OKU pada 2022 yang akan diberangkatkan berjumlah 297 CJH yang merupakan CJH OKU tahun 2020 lalu yang batal berangkat.

Baca Juga :   Siapkan Regulasi Beasiswa S3 untuk Guru di Muba

Masih sambung Abdul Muis,  CJH OKU sendiri yang sudah mendaftar dan sudah masuk dalam daftar tunggu haji dari tahun 2013 hingga tahun 2022 saat ini berjumlah 6.178 CJH. Sementara jumlah CJH OKU tahun 2020 berjumlah sebanyak 297 CJH OKU. *RD/MJ

Print Friendly, PDF & Email