Kali Pertama Jerami Padi di Pamerkan di OKU Timur

oleh -

MARTAPURA – Ratusan patung dari bahan jerami padi di lombakan pada Pembukaan Festival Jerami Sebiduk Sehaluan (FJSS) OKU Timur 2018, di Bendungan Upper Komering Perjaya, Minggu (5/8/2018) dimeriahkan penampilan 1000 penari kolosal yang merupakan pelajar SMP hingga SMA di OKU Timur.

Aneka bentuk yang dibuat dari batang padi ini seakan menjadi simbol dan penegas, bahwa OKU Timur merupakan daerang penghasil pangan.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi, mengatakan, festival ini merupakan festival jerami pertama yang diharapkan akan menjadi agenda tahunan nasional. Acara ini merupakan buah pikiran untuk memodernisasi hasil pertanian. “Kita harapkan ini akan dijadikan agenda tahunan nasional dan ini bisa mengangkat nama baik OKU Timur,” katanya,

Baca Juga :   Polsek Baturaja Timur Gelar Bansos untuk Masyarakat Terdampak PPKM Covid 19

Sementara Ketua Umum FJSS OKU Timur Edward Ferdinant mengatakan, untuk membuat FJSS lebih semarak panitia sengaja bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menampilkan tarian kolosal yang melibatkan pelajar. “Kita memamg sengaja menampilkan tari kolosal dengan jumlah penari sekitar 1000 orang dengan harapan pembukaan kegiatan kita lebih meriah,” katanya.

Pembukaan FJSS dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Deputi Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Heri Hermawan, serta pejabat penting lainnya baik dari Sumsel maupun pemerintah pusat.

Baca Juga :   Bentuk Karakter Petugas Tangguh, Rutan Baturaja Kemenkumham Sumsel Gelar Pembinaan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD)

Adapun jumlah patung jerami yang tampil pada FJSS tahun ini mencapai sekitar 300 patung dan ini memecahkan rekor MURI. Panitia tidak menduga jika masyarakat banyak membuat patung sendiri dan mengikuti ajang ini.

“Target kita masuk MURI dan kita bersyukur ini tercapai, namun target yang sangat utama bagaimana kita menciptkan kreartifitas untuk melahirkan destinasi wisata yang baru di daerah kita,” tutupnya.(rel/jum)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.