HPN 2021, PWI OKU Ajak Wartawan Muhasabah Diri

oleh -435 views

BATURAJA. MS – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 75 tahun 2021, diharapkan tidak tidak sekedar menjadi acara seremonial belaka.

Melainkan dapat dijadikan momentum muhasabah/ instrospeksi diri bagi kalangan pelaku jurnalistik itu sendiri.

“Muhasabah untuk mengkaji peran kita sebagai wartawan dalam menjamin pengembangan kehidupan pers yang sehat, kuat, dinamis, bebas, dan bertanggung jawab,” ujar Sekretaris PWI Ogan Komering Ulu (OKU), Muhammad Wiwin S.H.I, mewakili Ketua PWI OKU, Purwadi SP, dalam sambutannya usai Vidcon Peringatan HPN 2021 Secara Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo, di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU, Selasa, (09/02/2021).

Wiwin, di kesempatan itu juga mengajak rekan-rekan/ insan pers untuk memberikan kontribusi positif di kabupaten OKU.

Tak lupa, ia mengingatkan adanya tantangan baru bagi kalangan pers akibat derasnya arus globalisasi, dengan hadirnya media sosial. Seperti facebook, instagram, twitter serta youtub dan flatform lainnya.

Baca Juga :   Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten OKU Selenggarakan Penyuluhan Bahaya Narkoba

“Fenomena ini menjadi tantangan bagi kita semua. Dengan medsos ini, semua orang tentu dapat melakukan pekerjaan seperti wartawan. Kecepatan informasi yang muncul di medsos ini mampu juga merubah struktur peradaban manusia setiap waktunya,” katanya.

“Nah, tantangan kita selaku insan pers di zaman milenial ini, bukan lagi pada kepentingan bisnis dan kecepatan akses berita yang disajikan. Melainkan memberikan konstribusi besar dengan menyajikan informasi yang berdampak pada peradaban berlandaskan pada moral bangsa kita,” sambung dia.

Di kesempatan itu, Wiwin juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bupati, Sekda, unsur Forkompinda dan tamu undangan lainnya, atas ketidakhadiran ketua PWI OKU, Purwadi.

“Karena di saat bersamaan beliau diminta pengurus Propinsi untuk menghadiri acara serupa di Griya Agung Palembang, bersama ketua-ketua PWI di Sumsel lainnya,” katanya.

Tak ketinggalan, ucapan terima kasih ia sampaikan kepada Bupati, dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara HPN di OKU ini. “Dirgahayu Pers Indonesia!,” tegasnya menutup sambutan.

Baca Juga :   Kapolres OKU Ungkap Kasus Pembunuhan Mayat Pelajar di Desa Banuayu

Sementara itu, ucapan terima kasih dari Pemkab OKU disampaikan Sekda H. Achmad Tarmizi, kepada insan pers. Tentunya atas kerjasama, dukungan yang sangat terjalin dengan baik selama ini.

“Kiranya semangat peringatan HPN tahun ini akan menjadi penyemangat bagi kita semua untuk terus bekerja secara nyata untuk kemajuan OKU,” demikian Sekda.

Acara tersebut diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Sekretaris PWI OKU Muhammad Wiwin, dan diberikan kepada Sekda OKU H. A Tarmizi, dan disaksikan unsur Forkompinda.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Forkopimda OKU, Sekda OKU, Asisten, OPD, Kabag Prokopim, Pengurus PWI OKU dan Perwakilan Organisasi Profesi Wartawan di OKU, Perbankan, Insan Pers serta undangan lainnya. **Win/JM

Print Friendly, PDF & Email