Geruduk Gedung DPRD OKU Ratusan Mahasiswa Unbara “Desak Dewan Soal Nasib OKU”

oleh -

BATURAJA. MS – Ratusan mahasiswa dari Universitas Baturaja (Unbara) melakukan aksi demo di halaman Gedung DPRD OKU, Selasa (08/03/2022).

Ratusan mahasiswa kampus Oranye ini  ini mendesak agar DPRD Ogan Komering Ulu (OKU), segera meminta Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menetapkan Pj Bupati OKU.

Dalam aksi demo  Mahasiswa juga terlihat membawa kue ulang tahun dan sebuah piagam yang telah dibingkai yang ditujukan kepada Plh Bupati OKU H Edward Chandra katena berhasil menjadi Plh Bupati terlama di Indonesia yakni 1 tahun. Mahasiswa terlihat membakar satu buah ban mobil di halaman Gedung DPRD OKU sebagai bentuk ungkapan kekecewaan karena  pemerintah provinsi yang sangat lambat menetapkan  penunjukkan Pj bupati OKU hingga berjalan 1 tahun keberadaan Plh bupati OKU saat ini

Setelah melakukan orasi, dan yel yel di halaman gedung DPRD OKU, perwakilan mahasiswa yang melakukan aksi demo diterima oleh Wakil Ketua I DPRD OKU Yudi Purna Nugraha,  didampingi Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPBD) DPRD OKU, Yopi Sahrudin bersama salah satu anggota DPRD OKU, H. Adip Kailani, .dan berdialog di ruangan rapat Badan Musyawarah (,Banmus) DPRD OKU.

Baca Juga :   Diduga Sarat Korupsi, Penegak Hukum Diminta Periksa Kegiatan Bedah Rumah di Lalan

Dalam dialog tersebut juru bicara mahasiswa mendssak  agar DPRD OKU segera menuntut Gubernur Sumsel dan Mendagri untuk segera menetapkan Pj Bupati OKU. Mengingat jabatan Plh Bupati OKU saat ini sudah  berjalan selama 1 tahun. Mahasiswa juga mengecam mereka tidak butuh peminpin yang tidak memilikin kewenangan dikarenakan hanya sebatas pejabat setingkat Plh.

“Kami mendesak agar secepatnya jabatan Pj Bupati OKU segera ditetapkan  karena sudah 1 tahun jabatan plh bupati OKU saat ini, kami butuh peminpin yang memiliki kewenangan agar roda pemerintahan di OKU berjalan,” ujar juru bicara Mahasiswa.

Baca Juga :   DPRD OKU Simpulkan Lahan Yang Dikelolah KUD Minanga Ogan Dikembalikan Ke Pemilik Awal

Menanggapi dssakan mahasiswa, Wakil Ketua I DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha mengatakan, persoalan ini sebelumnya sudah disampaikan pihaknya kepada Gubernur Sumsel bahkan kepada pihak Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakan Politisi PAN ini,  bahwa, DPRD OKU sudah melakukan upaya agar penunjukan Pj Bupati OKU dapat segera dilakukan. Bahkan hal tersebut dilakukan sejak awal penunjukan Plh oleh Gubernur Sumsel. Selain itu, DPRD OKU sudah berkirim surat baik itu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun ke Kementerian dalam negeri terkait permohonan penunjukan  Pj Bupati OKU.

“Kami DPRD OKU sudah berupaya melakukan protes dan desakan politik terkait Plh Bupati OKU ini, jadi persoalan ini sudah kami bahas,” tegas Yudi. *RD/MJ

Print Friendly, PDF & Email