Gercep, BPBD- DLH Muba Sinergi Atasi Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras Dan Angin Kencang

oleh -

MEMOSUMSEL Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Musi Banyuasin cepat tanggap dalam menangani pohon tumbang yang terjadi di jalan Naiwatu Jafar Belakang Rumah Dinas Bupati Dekat Bengkel Cemerlang Sekayu Kabupaten Muba, Minggu (10/09/2023) pagi.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari pengaduan masyarakat yang masuk ke Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat Muba Siaga 112.

“Posko Siaga Bencana BPBD MUBA menerima laporan bahwa telah terjadi pohon tumbang akibat derasnya hujan dan angin kencang yang mengakibatkan akses jalan terganggu untuk dilewati,” ujar Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan.

Baca Juga :   Antusias Saksikan Karnaval dan Kendaraan Hias, Jalan kolonel Wahid Udin di Muba Jadi Lautan Manusia

Pathi menuturkan, atas laporan tersebut Tim Siaga Bencana BPBD Muba langsung berangkat ke lokasi melakukan pembersihan pohon tumbang.

Ia juga mengimbau masyarakat Muba untuk tetap waspada dan selalu hati-hati dimanapun kita berada. “Selalu Waspada dan tetap berhati – hati dimanapun dan kapanpun kita berada. Pergerakan angin yang tidak menentu bisa membuat pohon tumbang tanpa mengenal waktu, Sayangi diri kita dan keluarga,” imbaunya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan pengaduan yang masuk ke Nomor Darurat 112 akan langsung di tindaklanjuti dan diteruskan kepada Perangkat Daerah terkait.

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, Muba Buka Pelatihan dan Penempatan Tenaga Pemanen Bersertifikasi BNSP

“Masyarakat Muba yang berada dalam keadaan darurat bisa langsung menelpon nomor 112, agar segera mendapatkan pertolongan. Nomor ini bebas pulsa untuk semua operator telepon dan bisa dihubungi selama 24 jam penuh,” ungkapnya.

Seperti arahan Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud kepada masyarakat untuk waspada saat cuaca ekstrem saat ini. “Kalau tidak terlalu penting dan mendesak sebaiknya aktifitas diluar saat hujan dan angin kencang dan terus melaporkan potensi ancaman dampak dari cuaca ekstrem. “Tim terus siaga dan berkoordinasi,” tandasnya.

Laporan: w2N reL 

Print Friendly, PDF & Email