Gas Bumi Jadi Sasaran Alternatif, Bupati : Untuk Menjaga Efisiensi Ekonomi Masyarakat

oleh -42 Dilihat

BATURAJA. MemoSumsel —Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) menggelar Sosialisasi Persiapan Pembangunan Jaringan Gas Bumi Untuk Rumah Tangga di Kab. OKU Tahun 2019 di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab OKU (Kamis, 12/12/2019).

Kepala BAPPELITBANGDA Kab. OKU, Ir. H. Gunawan Somad, MM. Menyampaikan bahwa maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah untuk
menyampaikan informasi yang memberikan edukasi.

“Ya, hal ini guna menambah wawasan kita tentang pembangunan jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, selain itu sosialisasi ini juga bertujuan agar kita semua dapat ikut berperan aktif dalam menyampaikan atau menyebarkan informasi kepada warga dan masyarakat lainnya tentang manfaat adanya pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga yang lebih hemat, efisien dan ramah lingkungan.” Ujar Gunawan.

Hal ini terwujud tentunya dengan dukungan dari Bupati OKU yang selalu mengingatkan kami untuk bekerja dan menciptakan prestasi melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :   Gowes Diikuti Wakasad, Route BBGRM 2020 Dijajal Kembali

Sementara itu, Bupati OKU, Drs. H. Kuryana Azis menyampaikan bahwa “pada awal tahun kemarin kita sudah berencana untuk
berusaha membangun Jaringan Gas seperti halnya yang dilakukan beberapa daerah seperti yang telah dilaksanakan Kota Prabumulih sebagai pionirnya di Sumsel.” Tutur Bupati.

Pembangunan Jaringan Gas Bumi, lanjut Kuryana, hal ini bertujuan untuk efisiensi dan merubah perilaku masyarakat sehingga tidak lagi menggunakan tabung gas elpiji.

Diinformasikan bahwa pada tahun 2020 adalah tahap pertama atau tahap percobaan pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kabupaten OKU.

Rencananya akan direalisasikan Pembangunan dimulai dari Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang sampai Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur.

Kuryana Azis berharap manfaat gas bumi dapat dirasakan oleh masyarakat yang berujung pada peningkatan daya saing dan kemampuan ekonomi masyarakat secara riil.

Selain rumah tangga yang akan mendapatkan manfaat langsung, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga akan mendapat manfaat ekonomi yang cukup signifikan

Baca Juga :   The Inside Secrets Of Millionaires Under The Age Of 29

Dengan fasilitas jargas, lanjutnya, mereka akan dapat menggunakan energi gas bumi yang ramah lingkungan dan lebih kompetitif dibanding energi lain.

Pemasangan jaringan gas ini dilakukan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan gas yang ramah lingkungan di Kabupaten OKU.

Disisi lain, Ketua DPRD Kab OKU H. Marjito Bachri, S.T. menyatakan bahwa “Perlu adanya sosialisasi yang mendalam terhadap masyarakat tentang pentingnya peralihan penggunaan dari LPG ke jaringan gas (jargas).” Katanya.

“Saya mengajak masyarakat untuk bersama mendukung beralih dari penggunaan LPG ke jaringan gas dan yang paling penting adalah meyakinkan masyarakat bahwa pemasangan gas tersebut dijamin jauh lebih aman dan ramah lingkungan.” Imbuhnya.

Di akhir acara, komitmen dan sinergi bersama ini ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Pernyataan dukungan Rencana Pembangunan Jargas Tahun Anggaran 2020. *JM/Farhan

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.