Festival Danau Ranau Ke XXIII Berjalan Sukses, Herman Deru: Pertahankan Warisan dan Budaya dari Leluhur

oleh -

MEMOSUMSEL Festival Danau Ranau yang Ke XXIII sukses di gelar. Agenda tahunan yang selalu di laksanakan dengan tujuan mengangkat budaya daerah serta sarana mempromosikan betapa indahnya wisata Danau Ranau dengan airnya yang sejuk serta kokohnya Gunung Seminung, salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten OKU Selatan yang berjuluk Bumi Serasan Seandanan Provinsi Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, SH. MM hadir dan membuka secara langsung pelaksanaan Festival Danau Ranau XXIII Tahun 2023, Rabu (21/06/2023). Bertempat di Icon Danau Ranau, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan.

Pada kesempatan ini, Gubernur H. Herman Deru (HD), mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Festival Danau Ranau ke XXIlI, dengan ragam adat dan budaya yang di tampilkan, menjadi salah satu cara mempertahankan warisan dan budaya yang ditinggal para leluhur terdahulu dan mencegah budaya barat untuk masuk. Oleh karena itu dirinya secara pribadi dan Pemprov Sumsel mengucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan Pemkab OKU Selatan dan masyarakat yang telah mempertahankan tradisi budaya melalui Festival Danau Ranau.

“Kita pelihara adat dan budaya yang telah ada, dengan diselenggarakannya festival ni kita telah menunjukkan bahwa keaslian adat budaya kita lebih menarik dari budaya barat, untuk itu promosi daerah harus terus di tingkatkan salah satunya dengan mengadakan festival “, ujarnya.

Baca Juga :   Warga Saung Naga Gotong Royong Perbaiki Pangkalan Mandi

Di tempat yang sama, Bupati OKU Selatan Popo Ali martopo B Com dalam sambutan nya sampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Pemerintah Provinsi yang dihadiri langsung oleh Gubernur H. Herman Deru, SH MM dan selalu memberikan dukungan dan bantuannya selama ini, sehingga OKU Selatan dapat berkembang dari segi Objek Wisata dan pembangunan infrastruktur.

Bupati Popo juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut serta dalam mensukseskan pagelaran Festival Danau Ranau yang sempat terhenti selama 3 tahun, akibat pandemi Covid virus corona beberapa tahun terakhir ini yang melanda dunia termasuk kita Indonesia.

Festival Danau Ranau sendiri memiliki potensi untuk mengangkat budaya daerah, sekaligus untuk mengenalkan potensi budaya dan pariwisata daerah ke masyarakat luas, yang pada akhirnya akan berdampak terhadap pemulihan ekonomi dan pemulihan pariwisata daerah.

“Dari Event Festival Danau Ranau tersebut untuk melestarikan dan mempertahankan budaya daerah agar tidak punah dan hilang. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memajukan budaya lokal. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka melestarikan budaya dan kesenian tradisional. Mengenalkan budaya daerah dan pariwisata ke masyarakat luas, pemulihan ekonomi dan pemulihan pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Ranau “, ujar Popo.

Baca Juga :   Pisah Sambut Kapolres OKU Selatan Berlangsung Sederhana

“Dengan di adakannya Festival Danau Ranau yang XXIII ini tentu terlihat nyata dampak peningkatan ekonomi di masyarakat diantaranya geliat UMKM yang sampai saat ini tetap kokoh walau pun saat ini daya beli masyarakat sedikit terganggu “, jelasnya.

Dari pantauan Memo Sumsel, Turut hadir di panggung Kehormatan, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Ketua DPRD dan Wakil Ketua I DPRD OKU Selatan, FKPD, Sekretaris Daerah OKU Selatan, TP PKK Kabupaten, Ketua Ikatri, Ketua Persit KCK 0403/OKU, Ketua Bhayangkari, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Para Kabag, Para Camat, Para Ketua Organisasi Wanita, Para Ketua TP PKK Kecamatan, Para Ketua Organisasi Kepemudaan, Para Ketua Organisasi Kemasyarakatan Serta Undangan Lainnya.

Laporan: Supriyadi

Print Friendly, PDF & Email