Enam Tahun Jabat Kades, Zirul Amini Wujudkan Visi Misi Desa Gunung Kuripan

oleh -

BATURAJA. MS -Desa Gunung Kuripan, Kecamatan Pengandonan, Kabupaten OKU terus menggiatkan pembangunan disegala bidang. Baik pembangunan fisik infrastruktur maupun pembangunan non fisik berupa pemberdayaan dan peningkatan pendidikan.

Hal ini sesuai denhan visi dan misi yang dicanangkan Kepala Desa (Kades) Gunung Kuripan, Zirul Amili SE MM, yakni Visi mewujudkan masyarakat Desa Gunung Kuripan yang Maju, Cerdas, Sehat dan Berakhlak Mulia. Dan Misi yakni transparansi publik dalam pelaksanaan pemerintahan dan keuangan desa. Melaksanakan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat melalui musyawarah. Memacu ekonomi kreatif masyarakat. Mendorong kegiatan keagamaan, sosial, adat istiadat dan budaya. Membuat kebijakan dengan prinsip adil dalam kebenaran dan benar dalam keadilan. “Serta tidak selalu membenarkan kebiasaan tapi membiasakan kebenaran,” terang Zirul Amili, saat dibincangi MemoSumsel.Com, Kamis (22/8).

Pembangunan jalan setapak dalam pemukiman

Dikatakan Zirul Amili yang dilantik sejak 2013 hingga 2019 mendatang, sejak dilantik dan mengemban amanah selaku Kades. Telah banyak pembangunan yang dilaksanakan. Baik pembangunan bersifat fisik maupun pembangunan non fisik yang dianggarakan melalui bantuan dana desa (DD) maupun anggaran dana desa. Menurut dia, untuk tahun 2019, pihaknya telah merealisasikan dan memanfaatkan DD untuk kegiatan pembangunan fisik dan pemberdayaanYakni untuk pelaksanaan pencairan tahap pertama telah direalisasikan antara lain, pembangunan infrastruktur berupa peningkatan jalan setapak sepanjang 1.263 meter. Pengadaan perlengkapan sarana pendidikan PAUD berupa pembelian meja dan kursi serta meja dan kursi guru. Program pemberdayaan berupa pelatihan dan penyuluhan anak.

Baca Juga :   Tinjau Balai Latihan Produktif (BLP) Lapas MUara Enim, Kadivpas Kemenkumham Sumsel Dadi Mulyadi : Lapas Muara Enim Luar Biasa

Sedangkan untuk tahap dua, direalisasika pada pembangunan fisik infrastruktur berupa pembangunan jalan areal perkebunan (jalan persawahan) sepanjang 400 meter. Pembuatan sarana Sistem Pembuangan Air Limbah (SPAL) berupa pembangunan SPAL sepanjang 300 meter dan pembangunan SPAL induk sepanjang 204 meter.

Pembangunan jalan setapak dalam pemukiman Desa Gunung Kuripan

Sedangkan untuk pencairan tahap tiga sambung Zirul, nantinya akan direalisasikan yakni untuk kegiatan pemberdayaan PAUD berupa pembayaran insentif PAUD. Pembangunan fisik infrastruktur berupa pembuatan plat dekker sebanyak satu unit. Pembangunan jalan persawahan sepanjang 653 meter. Serta rehab jembatan gantung. “Jembatan gantung ini saat ini masih terbuat dari kayu dan kondisinya sudah rusak. Nantinya akan kita buat permanen. Perlu kita rehab karena jembatan gantung ini menghubungkan 30 hektar lahan persawahan milik warga,” katanya.

Baca Juga :   Ini Pesan Bupati OKU Saat Pimpin Upacara HUT Pramuka ke 58 di Taman Kota Baturaja

Ditambahkan Zirul yang juga sebagai ASN Pemkab OKU ini, selama enam tahun kurang mengenban amanah Kades, telah banyak penghargaan yang berhasil dicapai Desa Gunung Kuripan. Antara lain yakni Penghargaan
Juara tiga lomba desa tingkat Kabupaten OKU tahun 2013. Juara tiga lomba GSI tingkat Kabupaten OKU tahun 2014. Juara satu lomba Posyandu Lansia tingkat Kabupaten OKU tahun 2015. Juara satu lomba GSI tingkat Kabupaten OKU tahun 2016. Juara tiga lomba desa tingkat Kabupaten OKU tahun 2017. Juara satu lomba P2WKSS tingkat Kabupaten OKU tahun 2017. Mendapat predikat sebagai Desa “Stop Buang Air Besar Sembarangan” tahun 2017 dan juara tiga lomba 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten OKU tahun 2018.

“Desa kami juga aktif dalam kegiatan keagamaan, bidang lainnya seperti pelayanan Posgandu, kegiatan sosial, seni dan olahraga. Termasuk bidang sanitasi seperti SPAL dan MCK. Kami juga mengajak dan melibatkan seluruh jajaran perangkat desa, RT, BPD, lembaga desa, dan seluruh komponen masyarakat untuk aktif dan bekerjasama, melakukan gotong royong,” pungkasnya. *ADV JM/SN

Print Friendly, PDF & Email