Dispar OKU Promosikan Wisata Manfaatkan Tekonologi Digital Virtual Tourism

oleh -

BATURAJA. MS – Berbagai upaya dan terobosan terus dilakukam Dinas Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), untuk tetap menggencarkan promosi destinasi objek wisata dan pariwisata yang ada di Kabupaten OKU, pasca menurunnya pandemi Covid 19. Salah satunya yakni membuat terobosan baru mempromosikan kawasan wisata atau destinasi wisata yang ada di Kabupaten OKU secara digital virtual touirism dalam sebuah layanan aplikasi yang bisa diklik dismartphone.

Kadis Pariwisata OKU H Topan Ali Indra melalui Sekretaris Dispar OKU Feri Iswan mengatakan, Virtual Tourism atau turisme virtual dapat menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan wisata dimasa pandemi. Meskipun pandemi covod 19 saat ini beramgsur sudah berkiurang. Namun promosi wisata secara virtual tourism dapat tetap diterapkan karena sangat efektif dan memberikam informasi yang cepat bagi para wisatawan yang hendak berkubjung ke suatu lokasi objek wisata atau destinasi wista yang ada.

Dikatakannya, promosi destinasi wisata secara Tourism Virtual atau Virtual Tourism dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi untuk memperkuat atau menciptakan pengalaman berwisata. Melalui Virtual Tourisml, seseorang tidak harus berada secara fisik di suatu tempat untuk berwisata di tempat tersebut. Selain itu Virtual Tourismsebagai promosi destinasi wisata, dapat dijadikam industri pariwisata dan berpotensi membuka akses bagi masyarakat atau wisatawan terhadap obyek-obyek yang memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga :   Ketua POM muba Sayangkan Perusahaan Abaikan Surat Edaran Bupati Muba

“Tentunya sangat banyak objek atau destinasi wisata yang ada di Kabupaten OKU, dengan memanfaatkam promosi wiaata secara Virtual Tourism akan lebih memudahkan wisatawan dalan mencari informasi dan mengetahui objek atau destinasi wisata yang dalam aplikasi smarphone secara cepat dan lengkap,” kata Feri Iswan yang baru dilantik sebagai Sekretaris Dispar OKU menggantikan H Imron HS, Rabu (23/11/2022).

Mantan Kabag Prokopimda Setda OKU ini mengatakan, dengan mengakses aplikasi secara video tvirtual tersebut, wisatawan yang hendak berwisata juga bisa mengetahui gambaran terkini kondisi lokasi objek wiasata yamg ada di Kabupaten OKUkhususnya fasilitas pendukung pariwisata seperti bandara, stasiun kereta api, akomodasi hotel, dan homestay serta informasi lainnya termasuk informasi wisata kuliner yamg ada di Kabupaten OKU.

Baca Juga :   Komisioner KPU Sumsel Audensi dengan Bupati OKU

“Saat ini kami tengah membentuk dan memberdayakam Tim Kreatif dilingkungan Dispar OKU yang menguasi teknologi digital guna mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten OKU secara Virtual Tourism,” paparnya.

Ditambahkan Feri Iswan, Selain mema faatkan fasilitas aplikasi online atau melalui media daring Virtual Tourism, selaku perpanjangan tangan Pemkab OKU Dinas Pariwisata Kabupaten OKU tentunya juga tetap menggelar berbagai kegiatan promosi wisata dan dunia pariwilsata lainnya, secara live atau langsung seperti akan menggelar even wisata tahunan, festival atau karnaval serta hiburan lainnya yang dapat mengundang dan menarik minat masyaakat liuar Kabupaten OKU mengunjungi Kabupaten OKU. (RD/MJ)

Print Friendly, PDF & Email