Desa Tanjung Baru Dapat Bantuan Alat Pengelolaan Sampah

oleh -
Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Slamet Riyadi menunjukkan lokasi pembangunan pengelolaan sampah
Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Slamet Riyadi menunjukkan lokasi pembangunan pengelolaan sampah

 

BATURAJA, MS  –  Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU, akhirnya mendapat bantuan kementerian Lingkungan Hidup (KLH), berupa Tempat Pengelolaan Sampah re-duce, re-use dan re-cycle (TPS 3R). Pengerjaan bangunan ini sendiri sudah berjalan berlokasi di tanah kawasan Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur.

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Slamet Riyadi, adanya TPS 3R diharapkan akan bisa lebih mengoptimalkan pengelolaan sampah di OKU. TPS 3R ini menjadi tempat pengolahan sampah dan pemilahan sampah. Karena sebelum dibawa ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA), sampah terlebih dulu dipilah antara sampah yang bisa didaur ulang atau tidak. Sebagian sampah dibuang, didaur ulang, atau ada yang bisa dijadikan pupuk.

Baca Juga :   DPRD OKU Gelar Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati OKU TA 2020

“Dalam hal ini juga OKU sebelumnya sudah mendapat penghargaan Adipura, sehingga bantuan alat ini diberikan alat pengelolaan sampah yang kita bangun di kawasan Desa Tanjung Baru, lokasi tersebut nantinya akan ada tempat pengomposan sampah, petugas fasilitator, sekaligus dibentuk kelompok. Sesuai dengan tujuan tempat tersebut pengelolaan melibatkan masyarakat langsung, karena pengelolaan berbasis masyarakat,”jelasnya.

Rumah bank sampah yang ada di Desa Tanjung Baru

Sementara Kepala Desa Tanjung Baru Amin Rahman melalui Kepala Dusun  1 Ahmadi mengatakan, tempat untuk ukuran TPS 2R sekitar 8 m x 12 meter. Untuk bagian tengah ruangan dibuat kosong, sebab nanti menjadi tempat bagian mesin.

Baca Juga :   Bupati OKU Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019

“Sampah yang diolah nantinya sampah dari rumah warga sekitar  pihak desa siap memberdayakan masyarakat desa, saat ini kita sudah siapkan gerobak sampah keliling dan untuk sementara ini sampah dikirim ke bank sampah,”tutupnya.(jum)

Print Friendly, PDF & Email