Desa Karang Dapo Kembali Gelar Pungutan Suara Calon BPD Tahap II

oleh -
Kades Karang Dapo Syamsir Alamsah saat penghitungan suara calon anggota BPD.
Kades Karang Dapo Syamsir Alamsah saat penghitungan suara calon anggota BPD.

 

BATURAJA, memosumsel.com – Musim pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tahun 2018 ini hampir setiap desa melaksanakan tahapan pemilihan, termasuk di Desa Karang Dapo Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU, kini masuk ke tahapan pemilihan BPD gelombang kedua yaitu tahapan pemilihan untuk kuota laki-laki.

Pemilihan tahap kedua dilaksanakan di kantor desa, Senin (24/9/2018) dihadiri Kepala Desa Syamsir Alamsyah, perangkat desa, Kadus, tokoh masyarakat serta masyarakat desa yang mengikuti pemungutan suara.

Seperti disampaikan Ketua Panitia penyelenggara Arip Sakdan Barori didampingi para anggota panitia mengatakan bahwa pemilihan pemungutan suara untuk BPD yang mewakili tiap daerah pemilihan atau perdusun berlangsung dengan aman tertib.

“Alhamdulilah proses jalannya pemungutan suara pada hari ini berjalan dengan lancar, semua peserta calon BPD yang mendaftar telah mengikuti proses dan hasil pemilihan dan bagi yang tidak terpilih telah lapang dada menerima, dan yang terpilih siap menjalankan tugasnya nanti,”tuturnya.

Untuk pemilihan tahap kedua ini diikuti oleh dapil 2,3,4 dan 5, sedangkan dapil 1 telah dilaksanakan beberapa minggu lalu khusus untuk kaum perempuan dipilih satu orang, sementara untuk anggota BPD sendiri semuanya beranggotakan 5 orang, untuk itulah lanjutnya, dilakukan pemilihan tahap kedua dari jumlah daftar calon BPD ini tadinya ada 6 orang calon, sehingga dilakukan pemungutan suara kembali terutama untuk dapil II ada dua calon yaitu Denhar  dan Hamdan dimenangkan  oleh denhar 51 suara sedangkan hamdan 7 suara.

Baca Juga :   Prajurit Terlibat Narkoba Siap Dipecat

Lalu dilanjutkan pemungutan suara untuk dapil 3 ada dua calon yaitu Hardi Marpaung dan Fajri Hidayat, dimenangkan oleh Hardi Marpaung 48 suara sedangkan Fajri Hidayat hanya 7 suara. Sementara untuk dapil 4 dan 5 tidak dilakukan pemungutan suara dikarenakan hanya ada satu perwakilan dari dapil 4 dan 5 tersebut.

Kepala Desa Karang Dapo Syamsir Alamsyah di dampingi Sekretaris desa Mustofa Kamal menuturkan, pemilihan kali ini untuk mencari perwakilan dari dusun 2 hingga dusun 5, sedangkan untuk dusun 1 perwakilan untuk kaum perempuan sudah dilakukan pemungutan dan satu perwakilan.

“Setiap para calon BPD kita panggil satu persatu untuk lebih mengerti apa itu BPD dan apa tujuannya mencalonkan diri sebagai BPD, sehingga mereka lebih memahami peran dan fungsi tugas apa itu seorang anggota BPD, dan pada hari ini kita lakukan pemungutan suara dari para calon BPD yang telah mendaftar dan akan mengikuti pemilihan,”terangnya.

Baca Juga :   Minim Nya Pengawasan Warga Kampung Sawah Air gading Merasa Terisolir

Dirinya berharap agar nantinya semua para anggota BPD dapat bekerjasama memajukan desanya, dengan mengeluarkan ide dan gagasan untuk kemajuan desa semata, terlebih lagi saat ini penduduk desa ini bermacam suku, baik suku jawa, ogan, komering dan lainnya.

“Kawasan desa yang berdekatan langsung dengan wilayah perkebunan mitra ogan ini, membuat jumlah penduduk tak menentu, terutama saat ini mereka yang tadinya bekerja di PT ini telah lama menetap dan tinggal didesa ini saat ini semakin berkurang karena telah berpindah tugas ke tempat lain bahkan ada yang pulang ke kampung halamannya, untuk itulah dengan adanya BPD yang baru ini bisa lebih mengetahui wilayahnya masing-masing terutama keadaan penduduk atau warga nya di tiap dusun, sehingga lebih tahu kondisi ataupun ide dan gagasan yang nantinya dapat bersama di musyawarahkan dalam rapat desa,”tutupnya. (jum/feb)

 

Print Friendly, PDF & Email