Dana Kelurahan Talang Jawa Diprioritaskan untuk Cuci Siring dan Pembangunan Jalan Setapak

oleh -

BATURAJA MS -Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat memanfaatkan alokasi dana bantuan kelurahan dari pusat untuk kegiatan fisik infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu kegiatan infrastruktur berupa kegiatan revitalisasi pembersihan drainase yakni cuci siring sejumlah saluran siring dilingkungan RT08, RT10, RT11 dan RT12.

“Untuk penggunaan dana kelurahan 2019, kita pergunakan untuk kegiatan fisik dan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya kegiatan fisik berupa kegiatan cuci siring di wilayah RT08, RT10, RT11 dan RT12,” terang Lurah Talang Jawa, Jaka Atmajaya, S. STP., M. Ec. Dev, saat dibincangi MemoSumsel, Rabu (6/11) di ruangan kerjanya.

Baca Juga :   Kanwil Kemenkumham Sumsel: Pengeluaran Juarsah Menghadiri Pernikahan Anak Merupakan Kewenangan Mahkamah Agung

Lurah Jaka  Atmajaya menjelaskan, kegiatan fisik cuci siring ini memang sangat diperlukan masyarakat. Hal ini dikarenakan, bila hujan turun. Kondisi jalan dan perumahan warga kerap tergenang akibat banjir. Menurutnya, banjir disebabkan karena saluran siring yang mampet akibat banyak endapan lumpur. “Untuk pelaksanaannya kita masih menunggu proses pencairan dana kelurahan. Mudah-mudahan bulan ini sudah bisa dilaksanakan,” sebutnya.

Selain kegiatan cuci siring sambut Jaka, dana bantuan kelurahan 2019 yang didapatkan pihaknya juga dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan fisik lainnya. Seperti pembuatan jalan setapak lingkungan, pembuatan gapura serta sejumlah pengadaan yang diusulkan warga. Selain itu pemanfaatan dana kelurahan dipergunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Yang meliputi antara lain kegiatan Posyandu, PKK dan berbagai kegiatan pelatihan lainnya. “Untuk jumlahnya sama dengan kelurahan lain yakni  Rp370 juta. Yakni untuk kegiatan pemberdayaan sebesar Rp 107 juta dan kegiatan Fisik Rp 263 juta,” pungkasnya. *JM/SN

Print Friendly, PDF & Email