Cegah Karhutla Polsek Siagakan Petugas Patroli

oleh -

BATURAJA. MS -Untuk mengantisipasi bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Polsek Pengandonan melalui petugas di lapangan rutin melakukan patroli.

Kapolres OKU AKBP Tito Hutauruk SIK MH melalui Kapolsek Pengandonan Iptu Mardin SH menjelaskan, bahwa wilayah Pengandonan masuk salah satu titik rawan Karhutla.

“Oleh karenanya, setiap hari dilakukan giat patroli dan sosialisasi Karhutla gabungan bersama TNI dan BPBD Kecamatan Pengandonan,” ujarnya kepada wartawan.

Diterangkannya, petugas di lapangan melakukan foto kamera di wilayah yang dilakukan patroli. Hasilnya dilaporkan ke atasan masing-masing.

Selanjutnya dilaporkan ke Kapolres yang kemudian dilaporkan ke Dansatgas. Dimana untuk wilayah Kabupaten OKU Dansatgasnya Dandim 0403 /OKU Letkol Arm Agung Widodo.”Sedangkan Kapolres OKU selaku Wadan Satgas Karhutla juga setiap hari melaporkan ke Kapolda,” paparnya.

Baca Juga :   Pemkab OKU dan Kejari Baturaja Jalin MoU Dibidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Terpisah, Kapolres OKU AKBP Tito T Hutauruk SIK MH juga menjelaskan, untuk mengantisipasi bahaya Karhutla, para petugas di lapangan melakukan sosialisasi di antaranya memasang Banner yang dilakukan oleh Kapolsek dan Danramil.

Selama musim kemarau ini, kata Kapolres, memang sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Itulah sebabnya sosialisasi pencegahan Karhutla terus dilakukan agar tidak ada hutan terbakar,” ungkap Kapolres.

Menurut Kapolres, disetiap wilayah yang masuk dalam kategori rawan Karhutla dilakukan pemasangan banner larangan membakar hutan disertai dengan ancaman bagi yang masih nekat membakar hutan.

Baca Juga :   Bupati OKU Pimpin Apel Perdana 2020

Lebih jauh Kapolres mengimbau agar masyarakat meningkatkan kepekaan untuk melestarikan lingkungan, jangan menebangi pohon dan jangan menggunduli hutan.

“Jangan membuka lahan dengan cara membakar hutan karena dampak yang akan terjadi dalam jangka waktu panjang,” tegas Kapolres.

Hutan dan lahan lanjut Kapolres, juga harus dijaga dan dilindungi karena hutan berfungsi sebagai empat resapan air hujan dan mencegah banjir serta menentukan iklim suatu tempat. *JM/SN

Print Friendly, PDF & Email