Bupati OKU Drs H Kuryana Azis Resmi Buka Pasar Beduk Ramadhan 1440 H

oleh -

BATURAJA, memosumsel.com – Jajaran Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumsel, dipimpin Bupati OKU Drs H Kuryana Azis melaksanakan pembukaan Pasar Beduk dan Bazar sembako murah Bulog OKU, yang diadakan satu bulan penuh selama bulan Ramadhan 1440 H/2019 M. Bertempat di jalan Gajah Mada, Taman Kota Baturaja, Senin (6/5/19).

Hadir dalam acara, Kapolres OKU, Dandim 0403/OKU, Ketua DPRD OKU, Kajari OKU, Ketua PN, beserta unsur Muspida OPD OKU seperti Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi & UKM, Dinas Pertanian, Kepala BULOG, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Kepala Dinas PBK, Kadispora, Camat, Lurah serta rombongan Ibu ketua TP.PKK OKU dan Ibu ketua Dharmawanita juga Ibu Persit.

Kata sambutan diawali laporan Ir. Joni Amran MM, selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah (UKM) Kabupaten OKU. Yang menyampaikan maksud dan tujuan diadakan Pasar Bedug dan Bazar sembako murah hanya untuk menyambut serta memeriahkan Bulan Suci Ramadhan.

“Selain itu, dengan diadakannya Pasar Bedug ini tentunya kita juga bisa memberikan peluang kepada para pemilik usaha kecil atau mikro yang bergerak dibidang pangan. Seperti, kuliner makanan untuk menu berbuka puasa dan lainnya. Yang mana Pasar Bedug ini bisa menjadi sumber bagi pedagang kecil untuk meningkatkan pendapatan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Juga bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan menu makanan kebutuhan saat berbuka puasa ,”terang Joni Amran.

Baca Juga :   100 Ekor Sapi di Espetiga Disuntik Vaksinasi PMK Jenis Aftopor

Sementara Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis sebagai pembuka acara dalam sambutannya mengatakan. Bahwasannya pasar bedug merupakan agenda tahunan di bulan suci Ramadhan, yang sudah menjadi sebagai bagian dari upaya untuk menstimulasi semakin tumbuh kembangnya pelaku usaha kecil,  terutama usaha dibidang kuliner dan makanan ringan.

“Momentum Pasar Bedug ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan semangat wira usaha baru, serta meningkatkan peluang bisnis bagi pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya agar semakin kreatif dan menghasilkan makanan juga minuman yang sehat. Yang mana, saya berharap kuliner yang diperjual belikan dalam areal Pasar Bedug ini dapat mengutamakan makanan tradisional yang steril dan merupakan ciri khas daerah ,”kata Kuryana Azis.

Baca Juga :   Musrenbang RKPD Kabupaten OKU Tahun 2020 dengan Tema “Mewujudkan Pembangunan Tepat Sasaran Berbasis Inovasi”

 

 

Lebih dalam disampaikan Bupati OKU ,”Dengan demikian Pasar Bedug dapat menjadi media bagi masyarakat untuk lebih mengenal lagi setiap makanan-makanan khas tradisional, sebagai bagian dari kearipan budaya lokal dan budaya bangsa kita. Selain itu, saya meminta kepada segenap masyarakat dan pedagang Pasar Bedug agar selalu memelihara serta menjaga setiap tumbuhan yang ditanam disini, juga bisa menjaga ketertiban dan yang terpenting jagalah kebersihan ,”terangnya.

Diakhir acara diisi dengan pemberian bantuan berupa paket sembako untuk keluarga kurang mampu, dan pemberian bantuan kepada tiga Panti Asuhan di OKU, oleh Bulog sebanyak 50 paket sembako ditambah Bank Sumsel Babel sebanyak 30 paket sembako.

 

Yang mana penyerahan simbolis bantuan paket sembako kepada penerima dilakukan bersamaan oleh Bupati OKU, Bulog dan Bank Sumsel Babel. Dilanjutkan dengan berkeliling Pasar Beduk menjumpai barang dagangan yang dijual pedagang.(ADV/ Jum Radit)

 

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.