Bayi Penderita Hidrosefalus  Butuh Pertolongan Pemerintah, Dinsos OKU Ngaku Tidak Ada  Anggaran 

oleh -

BATURAJA. MS – Bayi berusia lima bulan penderita Hidrosefalus bernama Hafiz Zaki Alvarizki putra pertama pasangan Aji Rizki (21) dan Reza Verawati (22), membutuhkan pertolongan tangan pemerintah  maupun para dermawan agar bisa berobat rujukan ke Rumah Sakit di Kota Palembang.

Ditemui di rumahnya Senin (21/02/2022), di Lorong Wakaf Gotong Royong, Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), terlihat terbaring lemah dalam gendongan ibunya didampingi kerabatnya. Dengan kondisi kepala bayi yang terlihat membesar.

Diceritakan ibunya Reza Verawati, bahwa putranya ini mulai menderita sakit Hidrosefalus sejak lahir. Selama ini dia dan suaminya dibantu pihak keluarganya telah melakukan pengobatan kepada putranya ke dokter maupun rumah sakit di Kota Baturaja. Namun  tak kunjung membaik.

Menurutnya, guna penyembuhan anaknya, pihak rumah sakit dan dokter yang menangani memberikan rujukan ke rumah sakit di Palembang guna menjalani operasi lanjutan.  Namun menurut ibunya Reza Verawati, dia dan suaminya terkendala biaya untuk berobat rujukan serta biaya ongkos perjalanan untuk mengobati putranya ke rumah sakit di Palembang. Meningat dia dan suaminya hanya memiliki kartu jaminan kesehatan dari pemerintah.

Baca Juga :   Bareng Istri, Pj Bupati Apriyadi Kukuhkan 75 Anggota Paskibraka HUT RI di Muba

“Anak kami harus dirujuk berobat ke rumah sakit di Palembang, tapi kami tidak memiliki biaya untuk ongkos maupun biaya selama di Palembang,” kata Reza Verawati.

Ditambahkan Reza Verawati yang mengaku hanya seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) sementara suaminya hanya berkerja sebagai Buruh, tak memiliki dana yang cukup untuk mengobati putranya ke rumah sakit di Palembang. Sehingga mereka sangat membutuhkan bantuan dan pertolongan dari pemerintah maupun uluran tangan para derwaman guna merujuk anak kesayangannya ke rumah sakit di Palembang.

“Kalau bantuan berupa dana dari pemerintah belum ada, tapi sudah ada pihak kelurahan yang ke sini,” tandas Reza Verawati.

Baca Juga :   Baru Empat Anggota Dewan di Pastikan PAW

Terpisah Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU, Syaiful Kamal saat dikonfirmasi soal adanya bayi penderita hidrosefalus tersebut mengaku kalau pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan guna memberikan kemudahan administrasi berupa pengurusan kartu KiS agar Hafiz Zaki Alvarizki dapat berobat rujukan ke rumah sakit di Palembang.

“Kalau untuk kelengkapan berkasnya sudah kami urusa dan kami lengkapi, saya  hari Sabtu (19/2) kemarin kami sudah koordinasi dengan pak Camat,” kata Syaiful Kamal.

Namun nenurut Syaiful Kamal, pihaknya tidak bisa memberikan bantuan berupa dana.  Karena tidak ada dana atau anggaran yang dimiliki pihaknya.

“Kalau untuk bantuan anggaran kami tidak punya. Karena memang tidak ada anggaran  Tapi tolong ya beritanya jangan kami nanti yang disalahkan,” pungkas Syaiful Kamal. *RD/MJ

Print Friendly, PDF & Email