Antisipasi Karhutla, Kodim OKU Siagakan Puluhan Personil TNI

oleh -

BATURAJA. MS -Antisipasi dan pencegahan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kodim 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mensiagakan puluhan personel untuk mengantisipasi kebakaran Karhutla selama kemarau ini saat ini.”Kita menempatkan sekitar 70 anggota TNI. Yang tergabung dari lima Tim Satgas Karhutla Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) disiagakan untuk mengantisipasi sekaligus menanggulangi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan,” kata Dandim 0403 OKU Letkol Arm Agung Widodo dibincangi wartawan portal berita online.

Baca Juga :   Teroboson Baru, Desa Padang Bindu Manfaatkan DD dalam Program Pemberdayaan Pembasmian Hama Babi Hutan dan Monyet Liar

Dia menjelaskan, lima tim satgas ini disebar di lima kecamatan yang dinilai rawan terjadi karhutla meliputi Kecamatan Ulu Ogan, Pengandonan, Semidang Aji, Lubuk Batang dan Lengkiti.

Setiap Tim Satgas Karhutla beranggotakan 12 personel TNI, dua anggota Polres OKU dan dua orang dari BPBD setempat serta dua warga sipil. Mereka bertugas memantau titik api di lima kecamatan tersebut.

“Sejauh ini di Kabupaten OKU terdapat 23 titik rawan kebakaran hutan dan lahan sehingga dibentuk Satgas Karhutla untuk disebar di lima kecamatan tersebut,” katanya.

Baca Juga :   Jelang Pemilihan BPD Desa Kepur, Panitia : Sudah Masuk Tahap Pengundian Nomor Urut Peserta

Dia mengemukakan, lima Tim Satgas Karhutla tersebut diprioritaskan untuk siaga di kawasan rawan karhutla di 23 desa dari lima kecamatan di wilayah setempat. Tim Satgas Karhutla ini fokus pada pencegahan kebakaran melalui sosialisasi, mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. *JM/SN

Print Friendly, PDF & Email