Anggota Komisi IX DPR-RI fraksi Partai Gerindra Ir. Hj. Sri Meliyana Kunker di Muara Enim

oleh -

MEMOSUMSEL Anggota Komisi IX DPR-RI fraksi Partai Gerindra Ir. Hj. Sri Meliyana melakukan kunjungan kerja di daerah pemilihannya, salah satunya dengan menggelar pertemuan bersama warga Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim. Pertemuan dilangsungkan di Gedung Multiguna Balai Air Paku, hari ini Selasa (25/07/2023).

Kehadiran Sri Meliyana di Tanjung Enim turut di bersamai Direktorat Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan dan Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI dan Dinkes Kabupaten Muara Enim. Kehadirannya juga disambut secara langsung oleh Lurah Tanjung Enim Selatan, Edi Sutisna beserta Tenaga Ahli DPR-RI Deddy Arianto Sutopo dan disambut hangat warga Kelurahan Tanjung Enim Selatan.

Pada kesempatan ini, Sri Meliyana, memberikan Komunukasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) terkait keamanan dan mutu alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga. Ia memberikan pemaparan kepada para peserta yang hadir di lokasi pertemuan.

Menurut Sri Meliyana, dalam penggunaan alat kesehatan rumah tangga terkadang abai dalam membaca aturan pakai. Sehingga, dapat berakibat akan membahayakan kesehatan pengguna.

Baca Juga :   Sosialisasi Program Germas di OKU, Ir Sri Meliyana DPR RI : Ajak Masyarakat Untuk Selalu Berpola Hidup Sehat

“Banyak alat kesehatan rumah tangga yang biasa kita gunakan seperti pampers, pembalut wanita, tissue, cotton bud, dan banyak lagi yang sebenarnya beresiko jika tidak digunakan sesuai aturan,” ungkap perempuan yang akrab disapa Yuk Meli ini.

Lebih lanjut Sri Meliyana mengatakan, beberapa resiko dari penggunaan alat kesehatan rumah tangga yang tidak sesuai aturan hingga bahkan memiliki dampak fatal.

“Penggunaan tissue yang terlalu lama itu beresiko, resiko menengah ada pada penggunaan detergen dan pembersih lantai. Nah, ada juga yang beresiko fatal seperti menggunakan obat nyamuk karena mengandung pestisida. Apalagi obat nyamuk oles yang jangan sampai digunakan ke anak-anak balita. Jadi semua ada aturannya, termasuk menggunakan cotton bud yang sebenarnya untuk membersihkan bagian luar telinga, sampai ke nasi di magic com yang sebenarnya musti dimasak untuk langsung habis atau tidak baik jika dihangatkan sampai seharian,” tuturnya lagi.

Baca Juga :   Senyum Ibu-ibu Pengajian Terima Bingkisan dari DWP Muba Jelang Lebaran

Dalam pertemuan ini juga, Sri Meliyana mengaku sangat terkesan dengan sambutan hangat warga Kelurahan Tanjung Enim Selatan hari ini. Ia berharap apa yang mereka bahas hari ini menjadi bekal dalam menjalani hidup sehat yang diawali dari rumah tangga.

“Terima kasih atas sambutan hangat warga Kecamatan Lawang Kidul hari ini. Semoga apa yang kita bahas hari ini bermanfaat dan menjadi acuan kita dalam menjalani hidup sehat ke depannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Tanjung Enim Selatan, Edi Sutisna memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan dari Sri Meliyana. Menurutnya, kegiatan KIE terkait alat kesehatan rumah tangga yang digelontorkan hari ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Terima kasih, kami sangat mengapresiasi adanya kegiatan dari Ibu Sri Meliyana ini. Sangat edukatif, bermanfaat untuk masyarakat sehingga jadi banyak tahu dengan apa yang dilakukan dalam keseharian terkait pola hidup sehat,” ucapnya.

Laporan Nova/Tim

Print Friendly, PDF & Email