4 Desa di Batang Hari Leko Ikuti Pelatihan SDG,s

oleh -15 Dilihat

MUBA. MS –Sebanyak 4 Desa dalam wilayah kecamatan Batang Hari Leko Kabupaten Musi Banyuasin, Secara Serentak mengikuti Pelatihan Program Pembangunan Berkelanjutan yang digelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) melalui Dinas PMD Kabupaten dan Propinsi. Pelatihan Sustainable Development Goals (SDG’s) yang digelar langsung pada tingkat Kecamatan dibagi jadi 4 kelompok pelatihan.

Hal ini sesuai dengan Motto Kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Bupati Musi Banyuasin Dr. H Dodi Reza Alex Noerdin yang akan mewujudkan Muba Maju Berjaya tahun 2022 mendatang.

Pemateri dari PMD Kabupaten Musi Banyuasin, beniyan denen S.E M.si ketika dibincangi oleh wartawan media ini, Sabtu ,( 10/4/2021) usai memberikan materi di hadapan perangkat desa di Desa Talang Bulu, Desa Ulak Kembang, Desa Sungai Napal, Desa Sungai Angit menuturkan, Pelatihan SDG’s yang di gelar lansung pada tingkat Kecamatan dan Desa itu adalah Pelatihan yang berkaitan dengan Pendataan desa agar lebih terinci dan akurat. “Pelatihan ini meliputi tiga Dimensi utama yaitu, masalah pendataan tentang Lingkungan, Sosial dan Ekonomi,” katanya singkat.

Baca Juga :   Gedung Serba Guna Desa Seleman Rampung Dikerjakan dan Diresmikan Oleh Bupati OKU

Ditempat yang sama, Camat batang hari leko Tazarni S.STP M.Si melalui sekcam Gunawan SKM .MSi yang juga selaku Pemateri Pelatihan SDG’s didampingi oleh Pemateri lain dari PMD Kabupaten dan Propinsi Sumatera Selatan mengungkapkan, Pelatihan SDG’s ini dilaksanakan bertujuan peningkatan pembangunan desa berkelanjutan terutama yang berkenaan masalah data Masyarakat.

“Pelatihan SDG’s ini di gelar pada tingkat Kecamatan Batang hari leko dengan tujuan agar Perangkat desa bisa tahu makna serta implementasi Pembangunan Desa berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis data atau yang akurat,“ katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Secara serentak 4 desa Desa di dalam wilayah Kecamatan Batang hari leko Desa mengikuti kegiatanbtersebut. Adapun Desa yang mengikuti Pelatihan yang digelar oleh Dinas PMD Kabupaten ini, dengan pembagi4Desa Clausternya, sebagai tempat pelatihan.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Desa. Talang bulu, Yenti Puspita Sari S.STdidampingi oleh Perangkat ketika berbincang dengan wartawan media ini menuturkan, bahwa perangkatnya ikuti pelatihan sebagai upaya peningkatan SDM yang ada di Desa untuk masalah Pendataan kependudukan.

Baca Juga :   Pemdes Padang Bindu Jalani Vaksinasi Tahap II

“Kami dari Desa sangat berterima kasih pelatihan masalah peningkatan pendataan ini digelar, sebab semakin lama, Kegiatan Desa akan semakin maju tuturnya.

“Desa talang buulu mengirim 15 orang perangkat desa selaku peserta Pelatihan. Dan materi Pelatihan yang kami terima hari ini, adalah berkenaan dengan data dan pembentukan Pokja sebagai relawan pendataan yang bertugas lakukan pendataan desa. Dalam melaksanakan tugasnya relawan Pokja didampingi oleh Pendamping Lokal Desa (Red-PLD dan PD). Dengan harapan masalah SDG’s ini benar-benar bisa diserap oleh operator dan perangkat Desa kami, Dalam melakukan pemutahiran data desa,“

Pantauan media ini seputar kegiatan Pelatihan SDG’s Kelompok desa talang. Bulu,sungai napal , desa. Ulaak kembang sungai angit Dengan Pemateri dari tingkat kecamatan yaitu Sekcam batang hari leko Gunawan SKm. M.Si.

“Saya mengisi materi menggantikan pak Camat, karena beliau ada tugas mendadak ke desa lain seyogyanya beliau yang memberikan materi, karena ada tugas yang sama pentingnya di Sekayu, Jadi saya yang mengisi materi kali ini,“ tutur Gunawan SKM MSI. (Heryawan/Tim)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.