25 Tahun BUMN, Semen Baturaja Ajak Ribuan Warga OKU Ikuti Jalan Sehat

oleh -

BATURAJA, MS – Dalam rangka memperingati 25 Tahun Kementerian BUMN, yang diadakan PT Semen Baturaja TBK, ribuan Warga Ogan Komering Ulu (OKU) tumpah ruah ikut meramaikan acara Jalan Sehat yang diadakan di Taman kota Baturaja, Minggu (05/03/23).

Di bawah arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Kementerian BUMN menjalankan program “BUMN Untuk Indonesia” guna mendorong BUMN memberikan sumbangan terbaik bagi negeri dan rakyat. Sebagai bagian dari BUMN, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) turut mendukung pelaksanaan Jalan Sehat Bersama BUMN di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang melibatkan 3.000 peserta yang berasal dari masyarakat umum, karyawan, serta keluarga besar BUMN yang berada di OKU dan sekitarnya. Jalan Sehat Bersama BUMN ini digelar pada Minggu (5/3) di Lapangan Ahmad Yani Taman Kota Baturaja, OKU.

Menteri BUMN Erick Thohir mengajak seluruh karyawan BUMN dan masyarakat untuk Jalan Sehat Bersama BUMN dalam rangka memperingati 25 Tahun Kementerian BUMN yang dilaksanakan di 234 kabupaten/kota di Indonesia. Kegiatan jalan sehat mengusung konsep Estafet Obor BUMN dari Sabang sampai Merauke dilakukan secara bertahap di 15 provinsi mulai 12/2/2023 hingga 19/3/2023 dengan tema “Bersama BUMN, Menuju Indonesia Sehat”.

Jalan Sehat Bersama BUMN 2023 menandai kebersamaan Kementerian BUMN dan masyarakat yang telah terbina selama 25 tahun, dengan harapan Kementerian BUMN dan perusahan BUMN hadir lebih dekat dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, yang merupakan modal dasar pembangunan.

Acara ini dihadiri Direktur Operasional Suherman Yahya, Pj.Bupati Oku, H. Teddy Meilwansyah beserta Forkopimda OKU, Kapolres OKU, Dandim 04/03 OKU.
Start jalan sehat dimulai dari depan Tribun Taman Kota Baturaja, yang diikuti Ribuan masyarakat OKU dan berakhir finish di Depan RSUD OKU.

Dalam sambutannya Direktur Operasional PTSB Tbk Suherman Yahya dalam mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat Kab OKU yang dengan antusias mengikuti acara jalan sehat bersama BUMN.

Baca Juga :   SMK N 3 OKU, Akan Kirim Siswa terbaiknya Diajang LKS Tingkat Propinsi

“Jalan Sehat Bersama BUMN merupakan kesempatan bagi kami untuk memperkuat kolaborasi bersama masyarakat, sebagai bekal melanjutkan transformasi melalui pengembangan inovasi produk dan layanan. Bersama SIG, Semen Baturaja telah menjadi bagian dari pembangunan di Indonesia,” kata Suherman Yahya.

“PT. Semen Baturaja yang berada di bawah BUMN langsung, semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat OKU,” ucapnya.

Selanjutnya Pj.Bupati Oku, H. Teddy Meilwansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran direksi PTSB yang telah menyemarakan OKU dengan mengadakan acara jalan sehat yang tentunya menyediakan banyak sekali hadiah hiburan.

“Semoga Kontribusi Perusahaan PTSB terhadap OKU akan lebih baik lagi dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Masyarakat OKU yang ikut hadir dalam gelar jalan sehat ini salah satunya, Amrulah Ketua KSPSI DPC OKU mengungkapkan rasa bangganya terhadap PT.Semen Baturaja yang telah menghibur warga OKU dengan sajian musik dan hadiah hadiah lainnya.
“Dan berharap acara ini berkesinambungan”, cetusnya.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara SMBR dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Sebelumnya pada 26 Februari 2023 yang lalu, Semen Baturaja juga mengelar Kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN ini di Kota Bandar Lampung.

Acara dihadiri oleh Direksi SMBR, Perwakilan Manajemen PNM, PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, Kaporles OKU AKBP Arif Harsono, SIK., M.H, Ketua DPRD OKU, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal R, S.IP serta pejabat daerah setempat.

Pelaksanaan Jalan Sehat Bersama BUMN di Kota Baturaja ini ditandai dengan penyerahan “Estafet Obor BUMN” oleh Perwakilan Karyawan SMBR kepada PJ Bupati OKU, Teddy Meilwansyah lalu diserahkan kepada Direksi SMBR sebagai perwakilan BUMN yaitu Suherman Yahya dan Tubagus Muhammad Dharury.

Baca Juga :   H Teddy:  Masjid Adalah Tempat Sebaik-Baiknya Dimuka Bumi

Tentang Perseroan:
PT Semen Baturaja Tbk (sebelumnya PT Semen Baturaja) didirikan pada tanggal 14 November 1974. Pada awal pendirian kepemilikan saham Perseroan terdiri dari PT Semen Padang (Persero) sebesar 55 % dan PT Semen Gresik (Persero) sebesar 45%. Pada 9 November 1979, atau setelah 5 (lima) tahun berdiri, terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham, menjadi: 88% Pemerintah Republik Indonesia, 7% PT Semen Padang (Persero) dan 5% PT Semen Gresik (Persero). Dengan perubahan komposisi saham tersebut, Perseroan berganti nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero) pada 19 Agustus 1980. Puncaknya, pada 15 Oktober 1991, seluruh saham Perseroan diambil alih secara penuh oleh Pemerintah Republik Indonesia.
Pada 28 Juni 2013, seiring dengan perkembangan bisnis Perseroan, PT Semen Baturaja (Persero) melakukan aksi korporasi yakni penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di mana saham Perseroan resmi diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dengan Kode Saham SMBR. Dengan adanya aksi korporasi tersebut, Status Perseroan berubah menjadi Perseroan Terbuka dan mengalami perubahan nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Akhir tahun 2022 menjadi milestone bersejarah bagi SMBR, di mana proses integrasi SMBR ke PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berhasil diselesaikan dan telah melengkapi seluruh tahapan pembentukan holding BUMN Sub klaster semen yang ditandai dengan penandatanganan Akta Perjanjian Pengalihan Saham pada tanggal 19 Desember 2022 antara Negara Republik Indonesia dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di mana sebanyak 7.499.999.999 (tujuh miliar empat ratusl sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan) Saham Seri B milik Negara RI di SMBR beralih kepemilikannya kepada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, sehingga status saat ini SMBR berubah menjadi Non-Persero menjadi PT Semen Baturaja Tbk. (RD/ONE)

Print Friendly, PDF & Email